Portal Kabupaten Sijunjung

KEPALA PUSDIKLAT INDUSTRI KUNJUNGI SENTRA TENUN SONGKET UNGGAN

0

Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Industri Kementerian Perindustrian, Mujiono, mengunjungi sentra tenun songket Unggan, Kecamatan Sumpur Kudus, Kabupate Sijunjung, Selasa (11/4).

Pada kunjungan itu, kepala Pusdiklat diterima oleh Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Setdakab Sijunjung, Syahrial bersama Kepala Balai  Diklat Industri (BDI) Padang, Jonni Afrizon, Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Dagperinkop UKM) Kabupaten Sijunjung; Em Yasri,  kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat Sumpur Kudus, walinagi, tokoh dan pemuka masyarakat Unggan serta para pengerajin tenun.

Dalam kunjugan itu kepala Pusdiklat Industri berharap gedung produksi tenun yang dibangun dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2016 Rp1,3 miliar tidak hanya dimanfaatkan untuk bertenun, tapi juga diperguanakan untuk menjahit baju dan membordir, supaya gedung yang dibangun  lebih berdayaguna serta lebih menghasilkan.

Agar meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat yang menjadi tujuan pembangunan gedung produksi tenun tercapai sesuai harapan, kepala Pusdiklat berharap dan berpesan segala kegiatan yang dilaksanakan di gedung dikelolah oleh tenaga yang profesional.

Begitu juga dalam memasarkan hasil tenun, supaya terjual dengan laris, kepala Pusdiklat Industri berharap kepada Pemda Sijunjung membenahai sarana perhubungan menuju sentra tenun songket Unggan, baik itu jalan mau pun jembatan.

Pembenahan sarana perhubungan perlu dilakukan, karena jalan dan jembatan yang rusak mengurangi minat konsumen untuk mendatangi sentra tenun songket, sehingga meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat yang menjadi tujuan pembangunan gedung produksi tenun, tidak  tercapai sebagaimana mestinya.

Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Sijunjung, Staf Ahli Syahrial  mengucapkan terima kasih kepada Menteri Perindustrian  yang telah mengalokasikan DAK tahun 2016 Rp1,3 miliar untuk membangun gedung produksi tenun yang anggun dan megah.

“Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Sijunjung, saya  mengucapkan terima kasih kepada Menteri Perindustrian  yang telah mengalokasikan DAK tahun 2016 Rp1,3 miliar untuk membangun gedung produksi tenun yang anggun dan megah. Kita berharap gedung produksi tenun yang dibangun  dimanfaatkan oleh pelaku industri tenun seoptimal mungkin, supaya tujuan pembangunan gedung, meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, terutama pelaku industri tenun tercapai sesuai harapan,” kata Syahrial. nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.