Portal Kabupaten Sijunjung

KANTOR PERPUSTAKAAN ADAKAN DIKLAT PENULISAN SASTRA

0

Kantor Perpustakaan Kearsipan dan Dokumentasi (KPKD) Kabupaten Sijunjung bekerjasama dengan Komunitas Rumah Bata akan menggelar pendidikan dan pelatihan (Diklat) penulisan sastra.

Diklat penulisan sastra tersebut, rencananya akan digelar selama tiga hari (15-17/11) di salah satu hotel di Kota Padang.”Selasa mendatang, kita akan melaksanakan diklat penulisan sastra,” kata Kepala Kantor Perpustakaan Kearsiapan dan Dokumentasi Kabupaten Sijunjung, Darlias melalui Kasubag Tata Usaha, Khairuddin, Selasa (1/11).

Khairuddin mengatakan, diklat penulisan sastra tersebut bertujuan untuk meningkatkan minat dan budaya sastra masyarakat, terutama bagi siswa di sekolah. Selain meningkatkan minat dan budaya sastra, kegiatan ini juga dimaksud untuk peningkatan pelayanan perpustakaan di sekolah.

Makanya, kata Khairuddin, pihaknya bersama Komunitas Rumah Bata Sijunjung mengadakan diklat penulisan sastra.”Dengan adanya pelatihan ini diharapkan tumbuh minat dan budaya terhadap sastra,” ujarnya.

Diklat tersebut, sambung mantan Kasubag Agama Bagian Kesra Setdakab Sijunjung, rencananya akan diikuti 20 peserta.Para peserta merupakan guru bidang studi Bahasa Indonesia, baik dari SMP maupun MTsN.

“Pesertanya adalah guru Bahasa Indonesia SMP sederajad. Usianya maksimal 40 tahun,” tuturnya.

Mereka, lanjut Khairuddin, akan didik dan dilatih selama tiga hari untuk mendapatkan sertifikat penulisan sastra.Pada diklat tersebut, panitia penyelenggara mendatangkan narasumber, yakni Redaktur Budaya Harian Media Indonesia, Dosen Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Padang (UNP), Cerpenis asal Sumbar dan Komunitas Rumah Bata Sijunjung.

Menyinggung dana diklat, menurut Khairuddin, dana diklat penulisan sastra merupakan dana pokok-pokok pikiran anggota DPRD Kabupaten Sijunjung, Muslim dari Partai Hanura.

 “Dana kegiatan ini, berasal dari dana pokok-pokok pikiran anggota DPRD Kabupaten Sijunjung, Muslim dari Partai Hanura,” jelasnya.zet.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.