Portal Kabupaten Sijunjung

KANTOR PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN KB GENCARKAN SOSIALISASI KB

0

Perkembangan jumlah penduduk di Kabupaten Sijunjung cukup tinggi. Angka kelahiran penduduk di daerah ini sekitar 1,8 persen setiap tahun dari jumlah penduduk daerah ini. lebih besar dari rata-rata perkembangan penduduk dari propinsi maupun nasional. Dan yang paling banyak, angka kelahiran penduduk berasal dari keluarga kurang mampu.

DPRD Sijunjung mempertanyakan penerapan Keluarga Berencana (KB) terhadap masyarakat Kabupaten Sijunjung. Serta bantuan dari pemerintah pusat yang diperoleh bagi daerah ini, untuk menekan laju pertumbuhan penduduk.

Syafrul khatib, salah seorang anggota DPRD Sijunjung menyebutkan, bagaimana penerapan pelaksanaan KB  di kabupaten Sijunjung terutama menekan angka kelahiran bagi masyarakat, terutama bagi masyarakat kurang mampu.

Kepala KantorPemberdayaan Perempuan dan  KB, Jon Iskandar, ketika melaksanakan pembahasan Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD-P) terungkap, bahwa perkembangan jumlah penduduk di kabupaten Sijunjung rata-rata 5000 jiwa lebih atau sekitar 1,8 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Sijunjungt.  “Paling banyak jumlah angka kelahiran tersebut berasal dari keluarga kurang mampu,”ungkapnya.

Dikatakan, bahwa angka pertumbuhan penduduk di kabupaten Sijunjung masih tergolong tinggi jika dibandingkan dengan angka kelahiran secara propinsi bahkan Nasional. Untuk menekan angka kelahitan itu, salah satunya dengan mengecarkan sosialisasi tentang KB kepada masyarakat. Terutama bagi masyarakat kurang mampu.

Diakuinya, bahwa perkembangan penduduk di Kabupaten Sijunjung paling banyak berasal dari keluarga kurang mampu. Lantaran, kurangnya ilmu pengetahuan serta keterbatasan ekonomi keluarga.

Pada kesempatan Jon Iskandar mengatakan bahwa Dana Alokasi Khusus (DAK) selalu diterima oleh pemerintah Kabupaten Sijunjung. Dan dana tersebut diperuntukkan untuk melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat. supaya mau ikut melaksanakan KB.

Diakuinya, bahwa penerapan KB kepada masyarakat kurang mampu sulit dilaksanakan. lantaran keterbatasan ilmu pengetahuan yang mereka miliki serta rendahnya ekonomi. Maka, dari itu pemerintah pusat melalui DAK terus di gulirkan untuk pemerintah Kabupaten Sijunjung. Supaya program KB yang dijalan pemerintah berjalan baik-PDE@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.