Portal Kabupaten Sijunjung

KAFILAH SIJUNJUNG DIHIBUR DENGAN SELAWAT DULANG

0

Menunggu hasil yang akan diperoleh, kafilah Kabupaten Sijunjung  yang mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-37 tingkat Provinsi Sumatera Barat, di Kota Pariaman, dihibur dengan selawat dulang, Kamis (9/11) malam, pada pemondokannya, di Omestay Bunda kota tersebut.

Kamis (9/11), pagi sampai sore, para kafilah ini juga dibawa raun ke Kota Padang dengan kereta api oleh pimpinan kafilah; H. M. Hasbi yang juga Kabag Kesra Setdakab Sijunjung.

Meski yang dihibur kafilah Kabupaten Sijunjung, namun yang menghiburnya juga kafilah kabupaten tersebut, yaitu qari qiraa’ah tilawah dewasa putra; Syafriwandi dan qari tilawah cacat netra; Akmal bersama offesial kafilah Kabupaten Dharmasraya, Undri Adi.

Penampilan selawat dulang yang memang sangat menghibur itu, dinikmati pimpinan kafilah; M. Hasbi, wakil pimpinan kafilah, offesial, pendamping, qari dan qariah serta masyarakat sekitar pemondokan kafilah.

Dengan berbagai irama yang dilantunkan, inti kandungan selawat yang disampaikan Syafriwandi, Akmal dan Undri Adi, adalah pesan kepada kapafilah Kabupaten Sijunjung, terutama qari dan qariah supaya menerima hasil MTQ dengan jiwa besar dan dada lapang, karena pada setiap perlombaan pasti ada yang kalah dan ada yang menang.

“Dalam mengikuti berbagai lomba pada MTQ ke-37 tingkat Sumbar, kita kapafilah Kabupaten Sijunjung, terutama qari dan qariah, telah menampilkan yang terbaik dengan segenap kesanggupan dan kemampuan yang dimiliki. Karena itu, apa pun hasil yang diperoleh, harus kita terima dengan jiwa besar dan dada lapang.

Jangan larut dalam kesedihan dan kekecewaan. Apa lagi menangisi nasib dan meratapi keadaan, karena pada setiap perlombaan pasti ada yang kalah dan ada yang menang. Teruslah berlatih dan belajar, supaya pada MTQ ke-38 kita memperoleh hasil yang lebih baik,” pesan Syafriwandi, Akmal dan Undri Adi melalui dendangnya.

Selain terhadap kafilah, kepada pemerintah daerah dan masyarakat  Kabupaten Sijunjung, Syafriwandi, Akmal dan Undri Adi, juga berharap menerima hasil yang diperoleh kafilah pada MTQ ke-37 tingkat Sumbar. Karena apa pun hasilnya, itulah kesanggupan serta kemampuan qari dan qariah yang diberi amanah dan kepercayaan membela Kabupaten Sijunjung pada arena keagamaan dua tahunan itu.

Pimpinan kafilah; M. Hasbi mengatakan, qari dan qariah Kabupaten Sijunjung yang mengikuti sembilan cabang lomba pada MTQ ke-37 tingkat Sumbar, di Kota Pariaman, berjumlah 42 orang. Dari jumlah itu  ada yang berhasil masuk babak final, ada juga yang hanya sampai babak penyisihan dan semi final.

“Namun apa pun hasil akhir yang kita peroleh, ya itulah yang harus kita terima dengan jiwa besar dan dada lapang. Karena sebagaimana didendangkan ketiga peselawat dulang tadi,  pada setiap perlombaan pasti ada yang kalah dan ada yang menang,” kata M. Hasbi. –nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.