Portal Kabupaten Sijunjung

Kadis Kesehatan Sijunjung : Dua Hari Pool Test, Pemkab Sijunjung Dapat 1022 Sampel Swab

0

MC Sijunjung – Pemerintah Kabupaten Sijunjung telah melakukan pengujian sampel swab secara gratis, sejak Senin-Selasa (22-23/6) kemarin. kegiatan tersebut disasarkan pada warga berusia 40 tahun ke atas dan yang banyak beraktivitas di luar rumah.

Tidak hanya itu, pengambilan dan pengujian swab itupun masih berlangsung sampai hari ini, Rabu (24/6).

Saat dikonfirmasi MC Sijunjung, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung, drg Ezwandra menyebutkan kegiatan pool test itu dilaksanakan selama tiga hari, mulai (Senin, 22/6) sampai hari ini (Rabu, 24/6).

Petugas mendata sampel yang telah di Swab

“Selama dua hari kemaren (Senin-Selasa), alhamdulillah kita telah melakukan pengambilan sampel sebanyak 1022 sampel se-Kabupaten Sijunjung,” ujarnya melalui via WhatsApp, Rabu (24/6) pagi.

Dikatakan Ezwandra, pengambilan sampel itu ditargetkan sebanyak 1662 sampel, sejak Senin-Selasa telah dapat 1022 sampel. Jadi masih ada sisa sebanyak 640 sampel lagi.

“Untuk itu, pada hari ini (red-Rabu) kita masih melakukan pengambilan sampel terhadap yang masih tersisa tersebut di halaman dinas kesehatan,” katanya.

Dijelaskannya, pengujian sampel swab tersebut bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat dan Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi (PDRPI) Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

“Untuk kita ketahui bersama, anggaran pool tes swab ini berasal dari APBD Provinsi untuk pengambilan sampel sebanyak 1662 sampel,” terangnya.

Ia berharap kepada masyarakat untuk tidak takut dilakukan swab. “Swab massal ini bertujuan untuk mendeteksi secara dini corona virus disease 2019 (Covid-19) dengan metode multistage random sampling. Diharapkan dengan dilakukan swab ini dapat mencegah penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat,” pungkasnya.(Dicko)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.