Portal Kabupaten Sijunjung

Kader PKK Sijunjung Ikuti Arak-Arakan Bajamba

0

Padang, MC Sijunjung – Sekitar 100 perempuan dari kader PKK Kabupaten, Kecamatan dan Nagari Kabupaten Sijunjung berjalan beriringan dalam satu barisan dari depan Mesjid Nurul Iman menuju lapangan RTH Imam Bonjol Padang, Kamis (25/7/19).

Mereka menjunjung jamba (dulang) berisi makanan di atas kepalanya, iring iringan merupakan iring-iringan yang akan melaksanakan tradisi makan bajamba (makan bersama).

Kegiatan ini juga merupakan rangkaian kegiatan pada acara puncak hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKG-PKK) tingkat nasional ke 47 tahun 2019.

Makan bajamba merupakan tradisi makan yang dilakukan oleh masyarakat Minangkabau dengan cara duduk bersama-sama di dalam suatu ruangan atau tempat yang telah ditentukan.

Sesampai di lokasi, terlihat para kader menyusun jamba di tenda-tenda, yang mana di sanaalah makan bajamba berlangsung secara lesehan pada pukul 19.30.WIB

Juga terlihat Ketua TP-PKK Kabupaten Sijunjung Ny En Yuswir Arifin , Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Khamsiardi, Kepala Bidang Pemberdayaan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Defriantoni beserta jajaran duduk dalam kelompok Kader PKK saat dilansungkan acara makan bajamba.

Kegiatan tersebut juga diikuti kader-kader dari Kabupaten/Kota se Sumatera Barat, setiap jamba berbeda jenis makanannya karena mereka membawa makanan khas dari daerahnya masing-masing.

Para kader-kader PKK yang hadir dari seluruh Indonesia pun ikut pada kegiatan makan bajamba tersebut.(Noven/Diko/MC sijunjung)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.