Portal Kabupaten Sijunjung

KABUPATEN SIJUNJUNG RAIH JUARA II LOMBA BALITA SEHAT TINGKAT SUMBAR

0
Habibi Al Ghifari Juara II Balita Sehat tingkat Sumbar

Kabupaten Sijunjung komit terhadap peningkatan kwalitas kesehatan anak. Sebagai penerus bangsa, anak harus dipersiapkan sejak dini dengan upaya yang tepat dan terencana agar tercapai kualitas tumbuh kembang fisik, mental, intelektual, sosial dan spritual tertinggi.

Kabupaten Sijunjung sudah membuktikan dalam Lomba Balita Sehat Kelompok 25-36 bulan Tingkat Propinsi Sumatera Barat  yang digelar Bapelkes Propinsi Sumatera Barat di Gunung Pangilun, Selasa (15/08).

Juara I diraih oleh Gabriel Medina Anandito (Kota sawahlunto), Juara II Habibi Al Ghifari (Kabupaten Sijunjung), Juara III Imran Abiyan Aska (Kabupaten Padang Pariaman). Sebagai juara II, Habibi mendapatkan hadiah berupa sepeda, piala dan bingkisan.

Prestasi yang diraih putra pasangan Afdal Julius dan Eva Saryenti asal Jorong Pantai Cermin Nagari Palangki ini diharapkan mampu mendorong para orang tua untuk mendukung Pemerintah dalam meningkatkan kecerdasan anak.

Menurut Rica Gustavera, A.Md Staf Kesmas Dinkes sebagai pendamping dalam lomba balita sehat tersebut, Ada 6 kriteria yang dinilai yakni Pertama, pemeriksaan menyeluruh badan balita oleh dokter spesialis anak. Kedua, pemeriksaan kelincahan balita atau aktifitas fisik oleh psikolog. Ketiga, pemeriksaan tumbuh kembang balita melalui kelengkapan buku KIA. Keempat, penimbangan dan pola makan balita oleh ahli gizi. Kelima, pemeriksaan kesehatan gigi oleh dokter gigi. Keenam, peran ibu dalam keluarga oleh kader PKK.

Dijelaskan pula oleh Gusti Warni, S.KM Kabid Kesmas Dinkes, Habibi (33 bulan) merupakan pemenang III lomba balita sehat tingkat kabupaten yang diadakan beberapa waktu lalu. Alasannya tidak mengutus pemenang I dan pemenang II dalam lomba balita tingkat provinsi Sumatera Barat karena mereka tidak masuk dalam kategori kelompok usia 25-36 bulan. ” Karena Habibi masuk dalam kategori ini, maka kami mengutusnya untuk lomba” ujarnya.

Anak sehat cerdas tentunya tidak terlepas dari peran serta orang tua di dalam memberikan asupan gizi nutrisi yang baik dan cukup serta menyehatkan, baik hal ini dilakukan di dalam masa kehamilan sang ibunya maupun ketika sang anak sedang dalam masa keemasan di fase pertumbuhan perkembangan yang menunjang akan kecerdasan otak anak itu sendiri. (budhi/mega/dicko_kominfo)@sijunjung.go.id

sumber : Dinkes Kabupaten Sijunjung

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.