Portal Kabupaten Sijunjung

KABUPATEN SIJUNJUNG LAUNCHING GERAKAN 1 RUMAH 1 JUMANTIK

0

kabsijjloumHaemorraghic Fever atau demam berdarah dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit menular yang menjadi masalah serius yang bisa mewabah dan dapat menyebabkan kematian. Akhir-akhir ini terjadi kecendrungan peningkatan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Sijunjung seiring dengan meningkatnya curah hujan.

Banyaknya genangan air hujan pada wadah-wadah yang dapat menampung air hujan merupakan tempat yang ideal bagi berkembangnya nyamuk  aides aigypti (nyamuk penular penyakit demam berdarah). Dan didukung lagi dengan masih rendahnya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di kalangan masyarakat.

Untuk mengantisipasi agar tidak mewabahnya penyakit demam berdarah dengue (DBD) tersebut Dinas Kesehatan yang dimotori oleh Pokjanal DBD Kabupaten Sijunjung mencanangkan gerakan serentak pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan gerakan satu rumah satu jumantik (juru pemantau jentik). Kegiatan tersebut yang dicanangkan oleh Bapak Wakil Bupati Sijunjung pada Hari Jum’at tanggal 20 Januari 2016 di Pasar Sijunjung. Pencanangan secara simbolis dengan penyerahan bubuk abate dan senter dari Wakil Bupati Sijunjung kepada Wali Nagari Sijunjung yang mewakili masyarakat.

Dalam sambutannya dihadapan Forkopimda kabupaten Sijunjung, POKJANAL DBD, GOW, TP–PKK, OPD se–Kabupaten Sijunjung, anak sekolah mulai SD, SLTP, dan SMU/SMK, Camat dan Wali Nagari. Wakil Bupati Sijunjung Arrival Boy menghimbau agar seluruh lapisan masyarakat untuk ikut peduli, bekerjasama dan bahu membahu dalam  menekan penularan penyakit demam berdarah ini dengan bergotong royong membersihkan lingkungan sekitar, dan menerapkan 4M Plus dengan kegiatan menguras, menutup pada tempat-tempat penampungan air dan mengubur wadah atau barang bekas dan tidak berguna yang bisa menampung air, serta memantau jentik pada setiap genangan air disekitar rumah (1 rumah 1 pemantau jentik). Plus menghindari gigitan nyamuk dengan menggunakan penolak nyamuk atau menggunakan kelambu.

Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan angka penyakit demam berdarah dapat ditekan dengan adanya peran serta aktif masyarakat dalam melakukan pemberantasan sarang nyamuk pada setiap jorong dan aktifnya individu-individu pada setiap rumah dalam memantau jentik.- dyiahulhaq.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.