Portal Kabupaten Sijunjung

KABAG KESRA LAUNCHING KHITAN GRATIS

0

 Kabag Kesra Setdakab Sijunjung H. M. Hasbi melaunching  khitan gratis terhadap 185 anak dari keluarga kurang mampu, di Puskesmas Tanjung Gadang, Senin (18/12).

 Khitan gratis yang diselenggara Badan Amil Zakat Nasional (BAZNas) Kabupaten Sijunjung  bersama aparatur Dinas Kesehatan, dilaksanakan Senin dan Selasa (18-19/12) pada 13 puskesmas dalam delapan kecamatan.

Launching yang ditandai dengan penyerahan sarung dan uang transportasi Rp50 ribu kepada perwakilan anak yang dikhitan, dihadiri ketua BAZNas Kabupaten Sijunjung, Yusri serta camat dan Kepala Tata Usaha Puskesmas Tanjung Gadang, Jasril dan Novia Roza.

 Kepada para orangtua dari anak yang dikhitan, Kabag Kesra berpesan supaya  bersyukur kehadirat Allah SWT dan berterima kasih kepada pemerintah daerah Kabupaten Sijunjung yang memiliki perhatian dan kepedulian terhadap masyarakat berkemampuan terbatas, sehingga melalui BAZNas digulir serta disalurkan berbagai program dan bantuan yang salah satunya khitan gratis ini.

 Disamping terhadap pemerintah daerah, para orangtua dari anak yang dikhitan juga diingatkan agar berterima kasih terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Sijunjung, karena bantuan yang diterima adalah zakat ASN yang disalurkan melalui BAZNas.

“Bantuan yang diserahkan untuk mengkhitan anak,  adalah zakat ASN Kabupaten Sijunjung yang disalurkan melalui BAZNas. Karena itu, selain bersyukur kehadirat Allah SWT dan berterima kasih terhadap pemerintah daerah, kita juga perlu berterima kasih kepada ASN  serta mendoakan agar para ASN itu berbadan sehat dan selalu dilindungi Allah SWT,” pesan Kabag Kesra M. Hasbi.

 Ketua BAZNas, Yusri mengatakan, selain gratis, sebanyak 185 anak dari keluarga kurang mampu yang dikhitan melalui program Sijunjung Sehat, juga dibekali dengan selembar sarung dan uang transportasi Rp50 ribu. Sedangkan khitan dilakukan oleh tenaga medis puskesmas.

 Setelah dilaunching oleh Kabag Kesra,  pada Senin (18/12) itu dikhitan 105 anak. Rinciannya, di Puskesmas Tanjung Gadang 25 orang, di Puskesmas Lubuk Tarok 15 orang, Puskesmas Muaro Bodi 20, Puskesmas Padang Sibusuk 15, Puskesmas Sijunjung 20 dan di Puskesmas Sungai Lansek 10 orang.

 Sedangkan 80 anak yang dikhitan pada Selasa (19/12), dilaksanakan di Puskesmas Tanjung Ampalu 15 orang, Puskesmas Padang Laweh 10, Puskesmas Gambok 10, Puskesmas Kumanis 15, Puskesmas Sumpur Kudus 10, Puskesmas Kamang 10 dan di Puskesmas Aie Amo 10 orang.

 Untuk sukses dan lancarnya khitan yang diadakan, BAZNas alokasikan dana Rp55,5 juta, dengan anggaran Rp300 ribu peranak. Sedangkan anak yang dikhitan, berasal dari berbagai nagari dalam Kabupaten Sijunjung, jelas Yusri. nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.