Portal Kabupaten Sijunjung

JORONG SUBARANG SUKAM NAIKI RUMAH GADANG BENDANG

0

Prosesi menaiki Rumah Gadang sudah mulai dilupakan masyarakat Minangkabau. Hal ini disebabkan adanya pengaruh dari budaya luar yang lebih mendominasi gaya hidup masyarakat kita pada saat ini.

Hal demikian disampaikan saat Wakil Bupati, Arrival Boy menghadiri prosesi menaiki Rumah Gadang Dt. Tan Marajo di Nagari Muaro Jorong Subarang Sukam, Minggu, (23/9).

Kegiatan yang telah dilakukan mulai dari manyondi, maninjau undangan, pidato ka makan dan panyarahan rumah dari urang tukang kapado niniak mamak.

Turut hadir dalam prosesi tersebut Staf Ahli Bupati, Nizam Muluk, Syahrial, Kepala Dinas Parpora, Kepala Disdikbud , Camat Sijunjung serta niniak mamak cadiak pandai.

Arrival boy juga menyampaikan bahwa, “Kita harus menghidupkan kembali budaya yang telah hilang contohnya seperti wisatawan yang mengunjungi rumah gadang di perkampungan adat, dan membuat mereka viral yaitu ketika melihat rumah yang berdinding kayu dan atapnya ijuk itu tidak ditemukannya di negaranya”.

” Untuk itu kita harus menjaga dan kita lestarikan budaya rumah gadang ini”, tegasnya.(Dwita/Iyoy/Fany-Kominfo)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.