Portal Kabupaten Sijunjung

JORONG KOTO TARATAK ADAKAN ACARA BAKAWUA ADAT

0

Jorong Koto Taratak Nagari Tanjuang Bonai Aur Selatan mengadakan Kegiatan Bakawua Adat di Guguak Pondam Taratak Koto Puntian, pada Kamis (10/8) yang dihadiri Staf Ahli, Kabag Kesra, sekcam Sumpur Kudus, Kapolsek diwakili oleh Waka, Wali Nagari Tanjuang Bonai Aur, Wali Nagari Tanjuang Bonai Aur Selatan, Ketua KAN Tanjuang Bonai Aur, Ketua Lembaga, Ninik Mamak, Perangkat nagari serta masyarakat.

Acara ini merupakan agenda rutin setiap tahunnya yang wajib diadakan setelah panen padi yaitu bakaua adat, yang artinya bersyukur kepada Allah atas berkat yang telah diberikan berupa rezki yang didapat pada tahun ini.

Salah seorang tokoh niniak mamak, Datuak Rajo Aceh, menyampaikan doa yang dipanjatkan untuk orang tua yang sudah tiada atau yang telah mendahului.

“ Dari kesepakatan bersama, untuk selanjutnya kita turun ke sawah dan melihat cuaca kalau cuaca yang memungkinkan dan air yang memungkinkan, dan bibit sudah ada, usaha untuk musyawarah yg sudah di sepakati oleh niniak mamak dan masyarakat, tidak diizinkan untuk berburu, dan tidak di boleh kan melepas ternak di sawah, selama penanaman padi” tambahnya.

Dalam sambutannya Staf Ahli syarial mengatakan inti berkaul adat adalah kesepakatan antara niniak mamak dan si pengarap dimana segala sesuatu yg dibuat harus berdasarkan kesepakatan bersama dan memeperoleh hasil sesuai yang diharapkan dan kedua belah pihak merasa puas.

“ Pihak pemerintah tidak mau lagi mendengar ada anak- anak yang tidak sekolah karna alasan biaya, kalau masih ada harap lapor ke UPT Pendidikan, kami dari pihak pemerintah akan mencarikan jalan keluarnya, ujarnya.

(Rara, Diko, Noven-kominfo@sijunjung.go.id)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.