Portal Kabupaten Sijunjung

Jangan minum teh manis saat Sahur

0

tehmanis-300x225– Bismillahirrahmaanirrahiim…
Saat puasa, cairan dalam tubuh menurun. Karenanya penting menjaga asupan cairan agar tidak terjadi dehidrasi. Sayangnya, kita seringkali lupa memperhatikan konsumsi cairan tubuh.

Menurut Dr. fiastuti witjaksono, SpGk, orang yg berpuasa biasanya mengurangi konsumsi cairan sehingga tubuh mengalami dehidrasi.  “normalnya, tubuh membutuhkan kurang lebih 2 liter cairan atau sekitar 6 hingga 8 gelas air. Kadangkala, saat puasa tak terpenuhi. Ada yg cuma minum segelas saat sahur dan 2 gelas air saja saat buka.  Akibatnya, tubuh menjadi dehidrasi” ujarn ya.

Gejala paling ringan ketika kita mengalami dehidrasi adalah bibir dan lidah kering, lemah, pusing/kelelahan ekstrim. Selain itu, warna urin menjadi lebih gelap daripada biasanya dan ras mual.

Air putih merupakan cairan paling tepat untuk mengatasi dehidrasi.  Fiastuti mengingatkan agar kita menghindari minuman manis saat sahur. Hal itu untuk mengontrol kadar gula dalam tubuh. Cairan manis yg dikonsumsi saat sahur bisa mengenyangkan sesaat tetapi dapat menyebabkan hipoglikemia (kadar gula tubuh menurun secara drastis).

“Daripada minum teh manis saat sahur lebih baik anda minum susu, karena bisa membuat kenyang lebih lama dari makanan lain. Susu memiliki kadar glikemik yg rendah dan tidak hanya mengandung karbohidrat tapi juga protein dan lemak yg diserap tubuh secara perlahan” jelasnya.

Jika ingin olahraga, lakukan sebelum buka puasa. Pasalnya seseorang berpeluang lebih besar kehilangan banyak cairan tubuh ketika berolahraga dengan mengatur jadwal olahraga mendekati waktu buka, tubuh akan terhindar dari dehidrasi berlebihan. Disadur dari FB. Eko S.Haryono

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.