Portal Kabupaten Sijunjung

INTROSPEKSI DIRI DENGAN MOMENTUM HARI JADI

0

Anggota DPRD H. Daswanto berharap peringatan hari jadi Kabupaten Sijunjung  ke-68 memberi motivasi yang lebih tinggi kepada seluruh aparatur dan masyarakat setempat untuk membangun daerah yang lebih mandiri dan sejahtra.

Disamping motivasi, peringatan hari jadi ke-68 yang hari H-nya Sabtu 18 Februari 2017 mendatang, hendaknya juga dijadikan momentum untuk mengintrospeksi diri oleh aparatur Pemkab Sijunjung.

“Disamping motivasi, kita juga berharap peringatan hari jadi Kabupaten Sijunjung ke-68 ini dijadikan  momentum untuk mengintrospeksi diri bagi aparatur. Nilai dengan jujur sudah sejauh mana pelayanan telah diberikan kepada masyarakat,” kata Daswanto lewat telepon genggamnya, Rabu (8/2).

Pada dekade 68 tahun silam, pendirian Kabupaten Sijunjung (waktu itu Kabupaten Sawahlunto/Sijunjung) dirintis oleh tokoh masyarakat dengan tetesan keringat, darah dan air mata yang hasilnya telah dirasa dan dinikmati rakyat banyak hingga sekarang, ulas Daswanto.

Sebagai wujud syukur kehadirat Allah SWT sekaligus untuk mengenang jasa dan pengorbanan tokoh pendiri yang sebagian besar telah gugur, sangatlah pantas hari jadi kabupaten diperingati setiap tahun.

Namun  memperingati hari jadi, jelas tidak cukup hanya dengan bersyukur kehadirat Allah SWT serta mengenang jasa dan pengorbanan tokoh pendirinya. Tapi akan lebih berarti dan bermakna bila diisi dengan kegiatan yang bernilai dan mengarah kepada kemajuan daerah serta peningkatan ekonomi dan kesejahtraan rakyat.

Yang juga perlu diingat dan dihayati, dengan bertambahnya usia Kabupaten Sijunjung, tentunya semakin dituntut peran dan tanggungjawab pemerintahan dan masyarakat untuk memajukan daerah, supaya duduak samo randah tagak samo tinggi dengan daerah lain di Sumatra Barat.

Disadari sepenuhnya, di usia kabupaten yang sudah 68 tahun ini, tantangan yang bakal dihadapi akan semakin berat dan kompleks. Untuk itu diperlukan kerja keras dan kebersamaan, karena dengan bersatu dan bersama tidak ada yang tidak bisa dilakukan.

Kuncinya, seluruh masyarakat harus sadar dan memahami, bahwa membangun Kabupaten Sijunjung bukan hanya tanggungjawab pemerintah saja, tapi dituntut peran aktif dan keikutsertaan semua komponen.

“Berperan aktif dan berpositif thingking harus kita kembangkan, supaya laju pembangunan semakin deras, ekonomi dan kesejahtraan rakyat semakin membaik,” kata dewan terhormat ini.

Kemampuan daerah memang terbatas, banyak kekurangan dan berat tantangan. Namun bagaimanapun, harus diyakini, bersamaan dengan kekurangan dan tantangan yang dihadapi, banyak potensi dan peluang yang bisa dikembangkan.

“Tidak salah kita mengimpikan yang terbaik untuk negeri ini, dengan harapan menjadi kenyataan di masa datang. Karena kenyataan hari ini pun dimulai dengan mimpi-mimpi para pendahulu kita,” tutur Daswanto, kader terbaik Partai Bulan Bintang. –nas@ sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.