Portal Kabupaten Sijunjung

INSPEKTORAT DAERAH ADAKAN BIMTEK

0

Inspektorat Daerah Kabupaten Sijunjung adakan Bimtek Penyusunan Penilaian Risiko dan Rencana Tindak Pengendalian, untuk peningkatan maturitas OPD dalam penyelenggaraan SPIP pada Pemerintah Kabupaten Sijunjung, Rabu (4/10) di Balairung Lansek Manih.

Laporan panitia yang disampaikan Sekretaris Inspektorat Adlim Abbas, SE mengatakan, maksud dan tujuan kegiatan ini agar Kepala OPD dan Pejabat yang terkait memahami tatacara penilaian risiko dengan melakukan identifikasi dan analisis risiko dalam merencanakan dan menyusun kegiatan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi sehingga kegiatan yang telah dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar dan mencapai target yang telah ditentukan.

Kegiatan dilaksanakan selama 2 (dua) hari dari tanggal 4-5 Oktober 2017 narasumber dari BPKP Provinsi Sumatera Barat dan diikuti oleh Sekretaris dan Kasubbag/Kasi yang membidangi perencanaan dan program di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sijunjung, tambah Adlim

Kegiatan dibuka Bupati Sijunjung yang diwakili Plt. Sekretaris Daerah  Adlis, SE, MT memaparkan, Sistem Pengendalian Intern adalah proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus-menerus oleh Pimpinan dan seluruh Pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan efektif dan efisien, keandalan laporan keuangan, pengamanan aset negara dan ketaatan terhadap peraturan undang-undang.

Pentingnya kegiatan penilaian risiko dinyatakan tegas dalam peraturan Pemerintah No 60 tahun 2008 sebagai mana tercantum dalam pasal 13 ayat (1) yang menyatakan Pimpinan Instansi Pemerintah wajib melaksanakan penilaian risiko dan analisis risiko.

Ia berharap setelah mengikuti Bimtek masing-masing OPD perlu mengimplementasikan tindak lanjut kegiatan ini berupa melakukan penilaian risiko melalui identifikasi dan analisis risiko terhadap kegiatan yang akan dilaksanakan sehingga memudahkan pencapaian tujuan organisasi. (Dicko/Noven-kominfo)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.