Portal Kabupaten Sijunjung

IKUTI PENILAIAN NAGARI BERPRESTASI TAHAP II, NAGARI MUARO OPTIMIS WAKILI SUMBAR

0

Penilaian Nagari Berprestasi ini merupakan salah satu program nasional dari Kementerian Dalam Negeri, dengan objek penilaian meliputi keseluruhan aspek pelayanan yang ada, yaitu bidang pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

Berdasarkan Surat Keputusan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat nomor 414.3/544.DPMN-2017 tertanggal 2 Mei 2017, Nagari Muaro dinyatakan masuk nominasi empat besar penilaian nagari berprestasi bersama tiga nagari lainnya, yaitu Nagari Sungai Nyalo Koto Mudiek Kabupaten Pesisir Selatan, Nagari Lubuk Jantan Kabupaten Tanah Datar, dan Nagari Manggopoh Kabupaten Agam.

Untuk penilaian tahap selanjutnya, Penilaian Lomba Nagari Berprestasi Tingkat Sumatera Barat Tahun 2017 dipusatkan di lapangan sepak bola SDN 13 Muaro, dihadiri Wakil Bupati Sijunjung, Unsur Forkopimda, Tim Penilai, Instansi vertikal, BUMN/BUMD, TP-PKK, GOW, Ninik mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Bundo Kanduang, Pimpinan OPD, Camat dan Wali Nagari se-Kabupaten Sijunjung, Jumat (12/05).

Dalam sambutannya Wakil Bupati Sijunjung, Arrival Boy menyatakan bahwa penilaian yang akan dilakukan hari ini sangat penting karena dapat menumbuhkan motivasi bagi seluruh nagari yang dalam meningkatkan prestasi, kompetensi dan mutu pelayanan yang diberikan sebagai pemenuhan hak masyarakat dalam mendapatkan pelayanan yang berkualitas.

Wakil Bupati berharap agar penilaian ini menjadi evaluasi bagi nagari untuk percepatan pembangunan nagari, sehingga menuntut adanya perubahan paradigma pembangunan melalui pemberdayaan masyarakat. Kabupaten Sijunjung berkomitmen untuk menjalankan Undang-undang Desa dengan upaya peningkatan SDN aparatur Nagari.

“Anggaran Nagari yang besar harus dibarengi dengan peningkatan SDM aparatur Nagari”, tambah Boy.

Wali Nagari Muaro, Diagus Putra dalam eksposnya di hadapan Tim Penilai memaparkan kondisi Nagari Muaro dengan potensi alam, budaya dan masyarakatnya optimis bisa mewakili Sumatera Barat untuk berlaga di tingkat Nasional. Ia berharap agar terpilihnya Nagari Muaro dalam nominasi empat besar lomba nagari berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat bisa memotivasi Nagari-nagari lain untuk bersama-sama mewujudkan nagari yang maju sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan.

(budhi)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.