Portal Kabupaten Sijunjung

HIMBAUAN BPOM UNTUK MASYARAKAT

0

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mendukung pelarangan penggunaan kantong plastik kresek daur ulang bagi kebutuhan sehari-hari masyarakat oleh Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) karena berbahaya bagi kesehatan, bahwa instruksi pelarangan tersebut merupakan langkah baik yang harus didukung.

Selain menjadi limbah yang sulit terurai, kantong plastik kresek juga mengandung bahan limbah yang berbahaya pada pembuatannya. Plastik kresek daur ulang terutama yang berwarna hitam sering digunakan untuk alas atau tempat makanan. Dalam proses daur ulangnya, riwayat penggunaan plastik kresek tersebut tidak pernah diketahui sebelumnya apakah bekas tempat pestisida, limbah rumah sakit, kotoran hewan atau manusia, limbah logam berat dan lain-lain.

Kepala Badan POM menghimbau masyarakat untuk memperhatikan hal-hal sebagai berikut: 1. Umumnya kemasan PVC dapat dikenali dari logonya yang berupa segitiga dari anak panah, didalamnya ada angka 03, dan dibawah segitiga tersebut ada tulisan ‘PVC’. 2. Jangan menggunakan kemasan makanan dari PVC untuk makanan yang berminyak/berlemak atau mengandung alkohol, terlebih dalam keadaan panas.

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut dapat menghubungi Unit Layanan Pengaduan Konsumen di nomor telepon 021-4263333 dan 021-32199000 atau melalui e-mail ulpk@pom.go.id dan uplkbadanpom@yahoo.com atau melihat di website Badan POM, www.pom.go.id. (dicko-kominfo@sijunjung.go.id)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.