Portal Kabupaten Sijunjung

HASIL PEMILIHAN NAGARI DIHARAPKAN MASUK NOMINASI DI SUMBAR

0

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Ds. H. Syukri, MM selaku ketua tim pemilihan nagari berprestasi  tingkat Kabupaten Sijunjung berharap hasil penilaian nagari  tahun 2018 ini masuk nominasi di tingkat Sumbar yang penilaiannya akan dilakukan 2019 mendatang.

Harapan itu disampaikan Syukri pada pembukaan penilaian Nagari Kampung Dalam, Kecamatan Lubuk Tarok, di SDN 17 setempat, Kamis (12/7). Pembukaan penilaian yang berlangsung meriah dan semarak karena diselingi dengan berbagai tarian, dihadiri Forkopimcam Lubuk Tarok, kepala instansi, walinagari dan ketua Badan Pemusyawaratan Nagari (BPN) se-Kecamatan Lubuk arok serta pemerintahan Nagari Kampung Dalam, ninik mamak, alim ulama, cadiak pandai dan bundo kanduang.

Syukri mengatakan, hasil pemilihan nagari berprestasi tingkat Kabupaten Sijunjung tahun 2017, Nagari Kumanis, Kecamatan Sumpur Kudus, Nagari Paru, Kecamatan Sijunjung dan Nagari Lubuk Tarok, Kecamatan Lubuk Tarok, terpilih sebagai tiga besar.

Setelah dilakuan evaluasi perkembangan dan kemajuan tiga nagari yang masuk tiga besar itu oleh tim pada Juni 2018, terpilih Nagari Kumanis sebagai terbaik pertama, sehingga berhak mewakili Kabupaten Sijunjung dalam mengikuti lomba nagari berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat.

“Namun setelah dilakukan penilaian awal oleh tim pemilihan nagari berprestasi tingkat Sumbar, kita belum berhasil masuk dominasi. Karena itu, kita berharap hasil penilaian nagari berprestasi tingkat Kabupaten Sijunjung tahun 2018 ini masuk nominasi di tingkat Sumbar yang penilaiannya akan dilakukan 2019 mendatang,” harapnya.

Syukri menjelaskan, penilaian nagari berprestasi tingkat Kabupaten Sijunjung tahun 2018 yang tengah berlangsung, menggunakan indikator yang berpedoman pada Permendagri nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan yang meliputi penyelenggaraan pemerintahan, penataan kewilayaan dan kemasyarakatan. nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.