Portal Kabupaten Sijunjung

HASIL PANEN JAGUNG KELTAN SURYA TANI 8,4 TON/HEKTAR

0

Dari 25 hektare lahan yang digarap kelompok tani (Keltan) Surya Tani Nagari Kamang, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung untuk tanam jagung, dalam satu hektare hasilnya lebih kurang 8,4 ton.

 Hasil itu diketahui pada panen perdana yang dilakukan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung; Ronaldi  bersama Kasdim 0310/SSD Mayor Inf. Idham Khalid, Forkopincam Kamang Baru serta Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikutura dan Perkebunan Provinsi Sumatera Barat, Kamis (5/10).

Menurut ketua Keltan Surya Tani; Sumaji, meski digarap Tampa Olah Tanah (TOT), namun setelah dipanen dan dihitung, hasil kebun yang digarap Keltan Surya Tani mencapai 8,4 ton/hektare. Karena luas lahan yang ditanami 25 hektare, hasil keseluruhan 210 ton. Kalau tanah diolah, hasilnya mungkin bisa 10 sampai 12 ton/hektare.

Dengan harga jagung di tingkat petani Rp3.600/Kg (Rp3,6 juta/ton), hasil yang diperoleh Keltan Surya Tani dalam menggarap lahan seluas 25 hektare, adalah Rp756 juta (210xRp3,6 juta). Sedangkan biaya yang dikeluarkan untuk mengelola lahan yang luasnya 25 hektare dari masa tanam sampai dipanen (110 hari), hanya Rp300 juta (Rp12 juta/hektare), urai Sumaji.  nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.