Portal Kabupaten Sijunjung

HARI PAGI DI SIA-SIAKAN

0

Anggota Komisi II DPRD Sijunjung Bakri, menyesalkan lambatnya pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Sijunjung. Telah berjalan empat bulan di tahun 2017 belum tanda-tanda akan dimulai pembangunan Tahun Anggaran 2017. Padahal untuk menyusun anggaran tersebut,  jauh hari sebelum penggantian tahun.

Bakri Menyebutkan, hingga pertengahan Bulan April 2017 belum satupun pembangunan yang dilelang akan dilaksanakan. “Bak kata pepatah, pagi hari di sia-siakan sore dihari dikaja-kajakan (pagi dibiarkan terbuang, pekerjaan sore hari dikebut),”ungkap Bakri, saat rapat pembahasan Anggaran tahun 2018 di ruangan Badan Anggaran DPRD Sijunjung, Selasa (18/4).

Dikatakan, bahwa dalam penyusunan anggaran, pemerintah Kabupaten Sijunjung selalu mendapat apresiasi dari pemerintah Propinsi maupun pemerintah pusat. Lantaran, dalam penyusunan anggaran selalu paling cepat. Bahkan lebih cepat dibandingkan daerah lain di Sumatera Barat. Penganggaran pembangunan  dilaksanakan selalu dimulai awal tahun sebelumnya. Dan Anggaran pembangunan untuk tahun 2017 telah disahkan pada bulan Nopember 2016 lalu.

Sebagai contoh saat ini, proyek pembangunan di tahun 2017 belum terlaksana. Rancangan Anggaran untuk pembangunan tahun 2018 telah di susun. Berbagai Program pembangunan  telah ditentukan . dan tidak lama lagi, pemerintah akan melaksanakan Musyawarah rencana Pembangunan (Musrembang) yang dimulai dari tingkat jorong, nagari, hingga kecamatan dan Kabupaten.

Ia menyebutkan, bahwa setiap tahun kelebihan dana (Silva) di Kabupaten Sijunjung mengalami peningkatan. Hal itu, katanya, lantaran pembangunan yang dilaksanakan selalu dilaksanakan  di akhir tahun.

Disisi lain, ungkap Politisi Demokrat, berdampak terhadap hasil pembangunan. Sebab, pembangunan tersebut dilaksanakan secara tergesa-gesa. Lantaran, pembangunan yang dilaksanakan diakhir tahun berjalan.

Jika dilaksanakan, di awal tahun, proyek pembangunan akan cepat selesai. Dan jika terdapat kelebihan anggaran dapat diperuntukan pada program pembangunan lainnya. Supaya pembangunan di kabupaten Sijunjung selalu mengalami peningkatan.

Hal yang sama juga disampaikan Syarijal, anggota Banggar DPRD lainnya, ia meminta pemerintah untuk menjadi perhatian. Supaya pembangunan yang telah diprogramkan terutama yang dilaksanakan secara lelang supaya segera dilaksanakan. “kami ingin pembangunan tersebut mulai dilaksanakan di awal tahun,”tuturnya.- yan@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.