Portal Kabupaten Sijunjung

HARAPAN FRAKSI GOLKAR KEPADA PEMDA

0

Fraksi Partai Golkar DPRD Kabupaten Sijunjung dalam pendapat akhir terhadap RAPBD tahun 2018, sebagaimana disampaikan juru bicara fraksi tersebut; Mukhlis Rasyid pada rapat paripurna, di gedung dewan, berharap banyak kepada pemerintah daerah.

Mukhlis Rasyid mengatakan, pendapatan daerah yang ditargetkan Rp.909.254.311.185, berkurang Rp93.582.081.933 (9,33 persen) dari pendapatan pada perubahan ABPD tahun anggaran 2017.

Kekurangan ini tentu akan berdampak terhadap belanja daerah pada tahun 2018 yang direncanakan Rp948.487.916.985. Sementara Pendapatan Asli Daerah (PAD) salah satu kontribusi yang besar untuk peningkatan APBD tahun 2018, juga mengalami penurunan Rp31.869.400.562. Hanya Rp73.014.256.185 dari Rp 104.883.663.057 yang semula ditargetkan pada perubahan APBD tahun 2017. Penurunan terbesar PAD berada pada penerimaan lain-lain PAD yang sah, yaituRp33.883.183.660 (44,4 persen).

“Karena itu kami dari Fraksi Partai Golkar berharap agar Pemda lebih jeli dan kratif dalam mencari peluang pendapatan yang sah menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku, dengan catatan tidak memberatkan masyarakat, pemerintah daerah agar lebih memberdayakan  BUMD yang ada, terutama Perusda Tirta Sanjung Buana dan Perusda Kinantan.

Begitu juga dengan OPD yang mempuyai peluang untuk peningkatan PAD, seperti Dinas Perhubungan, Dinas PUPR, Dinas Kesehatan, Dinas Pariwisata, Dinas Perizinan dan penanaman modal dan OPD lain  supaya lebih kreatif mencari peluang usaha,” harap Mukhlis Rasyid.

Disamping itu, Pemda juga perlu meningkatkan pengawasan untuk mengurangi kebocoran anggaran dalam APBD. Langkah strategis dan prioritas pendapatan daerah yang ditempuh oleh Pemda untuk mengamankan sumber pendapatan daerah menurut Fraksi Partai Golkar sudah tepat dan diucapkan terima kasih, ulas Mukhlis.

Di sisi lain Mukhlis mengatakan, “meski Pemda Sijunjung menerima penghargaan Kabupaten Sehat kategori tertinggi, yakni Swasti Saba Wistara dari Kementrian Kesehatan dan Kementrian Dalam Negeri RI, namun kita tidak boleh terlena dengan prestasi dan penghargaan tersebut.

Kami Fraksi Partai Golkar mengucapkan selamat atas persetasi dan penghargaan yang diberikan Kementrian Kesehatan dan Kementrian Dalam Negeri RI dengan harapan penghargaan yang diterima mampu meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, baik di RSUD mau pun di Puskesmas, karena hingga sekarang  masih banyak keluhan tentang pelayanan di RSUD dan di Puskesmas yang harus jadi perhatian bagi pemerintah daerah,” jelas Mukhlis Rasyid. –nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.