Portal Kabupaten Sijunjung

GURU SMP IKUTI DIKLAT PENINGKATAN KOMPETENSI

0

guruSebanyak 176 guru pembelajaran Matematika, IPA dan Bahasa Ingris SMP Kabupaten Sijunjung, mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) peningkatan kompetensi guru pasca Uji Kompetensi Guru (UKG) dari Senin sampai Sabtu (14-19/11), pada tiga tempat.

Diklat yang diselenggarakan aparatur Dinas Pendidikan Kabupaten Sijunjung bersama Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika, IPA dan Bahasah Ingris Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, dibuka Bupati Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo, di gedung Pancasila Muaro Sijunjung, Senin (14/11).

Pembukaan yang berlangsung sederhana, dihadiri Wakil Bupati Arrival Boy, Kepala PPPPTK Matematika, IPA dan Bahasah Ingris Kemendikbud, Dasnatiya Astuty,  Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sijunjung Efigon, nara sumber dan undangan lainnya.

Bupati berharap Diklat yang diadakan mampu meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Kabupaten Sijunjung. Karena itu, kepada seluruh peserta dipesankan supaya menerapkan ilmu yang diperoleh dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab sesuai bidang masing-masing.

Berkat upaya dan kerja keras seluruh pelaku pendidik, sekarang mutu dan kualitas pendidikan Kabupaten Sijunjung sudah semakin baik. Itu dibuktikan dengan keberhasilan UN dan jumlah siswa yang berhasil menduduki perguruan tinggi favorit pada berbagai daerah di Indonesia.

 “Namun, supaya kedepan mutu dan kualitas pendidikan lebih baik dari yang ada sekarang, kepada seluruh peserta Diklat saya berharap dan berpesan agar menerapkan ilmu yang diperoleh dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab sesuai bidang masing-masing,” pesan bupati.

Kepala Dinas Pendidikan  Efigon selaku ketua pelaksanakan mengatakan, kualifikasi akademik guru dapat dilihat pada ijazah yang dimilikinya. Sementara kelayakan mengajar bisa dilihat pada sertifikat pendidikan yang dipunyai.

Sedangkan kompetensi guru, harus diukur melalalui UKG. Dari hasil UKG ini bisa diketahui kompetensi yang harus ditingkatkan, sehingga dengan demikian pada dasarnya UKG bukan program untuk menguji guru, tapi program untuk memetakan kompetensi guru.

Berdasarkan UKG yang dilaksanakan 2015 lalu, meski nilai rata-rata diatas UKG Provinsi Sumatera Barat dan Nasional yang 58,37 dan 56,69, namun hasil UKG Kabupaten Sijunjung belum mengembirakan, karena rata-rata hasilnya baru 58,62.

Guru matematika, rata-rata nilai UKG 67,47, guru IPA 59,89 dan guru Bahasa Ingris 58,05, sehingga secara keseluruhan guru SMP yang harus mengikuti peningkatan kompetensi, jumlahnya mencapai 74,63 persen, yaitu 506 orang dari 678 guru SMP yang mengajar di Kabupaten Sijunjung, jelas Efigon. –    nas.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.