Portal Kabupaten Sijunjung

GURU JANGAN MENGAJAR HANYA KARENA GAJI

0

Sebanyak 430 kepala dan guru Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) se-Kabupaten Sijunjung mengikuti seminar nasional peningkatan keprofesionalan guru, Rabu (1/6), di gedung Pancasila.

Seminar yang bertema ‘Anak Adalah Bintang’, diselenggarakan aparatur Dinas Pendidikan Kabupaten Sijunjung dan dibuka Bupati H. Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo. Pembukaan yang berlangsung sederhana, dihadiri kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP dan MTs serta nara sumber dan seluruh peserta.

“Anak adalah sosok yang sangat spesial. Dia memiliki ciri dan karakter yang unik. Dunia pendidikan anak adalah dunia yang sangat menyenangkan. Interaksi yang intens dengan anak, akan menjadikan kita sebagai orang dewasa dan guru yang sangat mengerti dan memahami bagaimana mereka sebenarnya,” kata bupati.

Karena itu, sebagai seorang guru, mestinya benar-benar menjadi gurunya manusia. Guru yang kreatif, guru yang memahami karakter dan gaya belajar masing-masing anak, supaya anak yang dididik maju dan berkembang sesuai harapan, ulas bupati.

Disamping menjadi guru yang kreatif serta guru yang memahami karakter dan gaya belajar masing-masing anak, bupati juga berpesan supaya para kepala sekolah dan guru yang bertugas di Kabupaten Sijunjung terus berkarya dan berbuat yang terbaik serta  tingkatkan komitmen, etos kerja dan perbanyak kreatifitas positif untuk kemajuan pendidikan.

Pesan lain, jadilah pelopor terhadap perubahan kearah yang lebih baik, bekali anak didik dengan ilmu untuk dunianya dan bekali juga mereka dengan iman untuk akhiratnya.

Jadilah guru yang baik, guru yang kreatif dan inovatif bagi anak didik. Jangan mengajar setengah hati. Jangan pula mengajar hanya karena gaji. Lahirkanlah anak didik sebagai bintang yang akan bercahaya di Kabupaten Sijunjung dan di bumi nusantara ini pada masa mendatang, pesan Bupati Yuswir Arifin.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sijunjung H. Efigon selaku ketua pelaksana mengatakan, tujuan penyelenggaran seminar adalah meningkatkan kompetensi guru (pedagogik, profesional, sosial dan kompetensi kepribadian) dalam mendidik, dengan harapan guru dapat mengarahkan peserta didik sesuai  potensi, bakat dan minat mereka.

Tujuan lain, meningkatkan komitmen dan etos kerja pendidik serta memberikan berbagai alternatif inovasi dan kreatifitas dalam pembelajaran, agar guru tidak lagi monoton dalam mendidik.

Supaya tujuan tercapai, nara sumber yang menyajikan materi dalam seminar, adalah tim dari  Lembaga Fathia Aliyy Psychologi Consultant Bukittinggi, jelas Efigon. –nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.