Portal Kabupaten Sijunjung

GUBERNUR SUMBAR DAN BUPATI SIJUNJUNG LAKUKAN BERBAGAI KEGIATAN DI TALABANG SAKTI

0

Gubernur Sumatera Barat lakukan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan merupakan intensifikasi peran PKK dalam program KB Nasional dan Pembangunan Kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu dengan lintas sektoral terkait di semua tingkat wilayah dalam rangka membangun keluarga berkualitas, sekaligus membuka Jambore PKB/IMP dalam meningkatkan keluarga berkualitas peran kader melalui enam peran institusi.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan cakupan pelayanan yang berkualitas dalam program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, Jumat (14/9) di Wana Wisata Talabang Sakti Kamang Baru.

Hadir pada acara tersebut,Gubernur Sumatera Barat, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi, dan Ketua Dharma Wanita Persatuan BKKBN, Bupati Sujunjung, Ketua TP PKK Kabupaten Sijunjung beserta Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Sijunjung, Sekdakab, Staf Ahli Bupati, Asisten I,II,III, Para Kepala OPD, Instansi Vertikal/BUMN/BUMD Kabupaten Sijunjung, Kabag Sekdakab, Camat Se-Kabupaten Sijunjung, serta undangan lainnya.

Kepala Perwakilan BKKBN Sumatera Barat, dalam Laporannya mengatakan bahwa Kegiatan Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan akan bertumpu pada kegiatan-kegiatan kelompok swadaya masyarakat, PKK dan institusi KB-Kesehatan di desa dengan kader-kader sebagai ujung tombak, serta keluarga sebagai fokus sasaran utama. Dalam pelaksanaannya, Tim Operasional Kesatuan Gerak PKK KB-Kesehatan Tingkat Provinsi akan melaksanakan Roadshow PKK KB-Kesehatan dan Bhakti Sosial ke seluruh Kabupaten di Sumbar. Karenanya, kepada pemerintah kabupaten, organisasi profesi/LSOM, dan mitra kerja lainnya.

Peserta Jambore PKB/IMP berjumlah 500 orang, 50 orang terdiri dari Provinsi dan 450 orang terdiri dari Kabupaten/Kota di Sumatera Barat, diharapkan kerja sama dan koordinasinya, sehingga sasaran dan tujuan yang telah ditetapkan dari kegiatan ini dapat tercapai dan terlaksana dengan baik.

Dalam sambutannya, Ketua TP. PKK Provinsi, Ny. Nevi Irwan Prayitno, mengatakan bahwa kegiatan pemberdayaan yang mendukung Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Kesehatan, mendapat pengakuan yang luas serta sebagai upaya bersama untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat.

Kegiatan Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan peranserta pria dalam rangka keadilan dan kesetaraan gender di masyarakat serta lebih memfokuskan pada kegiatan-kegiatan yang secara langsung dapat meringankan beban keluarga mereka dalam mendapatkan pelayanan KB dan Kesehatan.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Gubernur Sumatera Barat Prof. Irwan Prayitno dalam sambutannya mengatakan, bahwa PKK yang bersinergi dengan pemerintah memiliki peran yang sangat besar di dalamnya. Tidak dapat dipungkiri bahwa peran itu sangat besar artinya dalam membangun keluarga dan masyarakat. Tidak terlepas dari dimensi kesehatan, baik kesehatan Ibu maupun anak yang harus mendapat tempat yang utama. Hal ini sejalan dengan tujuan pencapaian Millenium Development Goals (MDGs). Lebih lanjut, beliau mengharapkan kegiatan kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan ini benar-benar dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan benar-benar mencerminkan nuansa kebersamaan dari berbagai sektor terkait.

Sestama BKKBN Pusat juga menyerahkan penghargaan Ayah Bunda GenRe (ABG) Awards kategori penyantun kepada Ketua TP PKK Provinsi Sumbar, Ny. Nevi Irwan Prayitno.

Pencanangan kegiatan ini ditandai dengan pemukulan Gong sebanyak 2 (dua) kali oleh Gubernur Sumbar dan dilanjutkan dengan Penandatangan Prasasti Kampung KB oleh Sestama BKKBN dan Bupati Sijunjung.

 

Bupati Sijunjung Yuswir Arifin dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran dari Provinsi Sumbar yang telah sempat hadir pada kegiatan hari ini sekaligus Bupati Sijunjung membuka Jambore 8 kampung KB di Kabupaten Sijunjung dan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan Tingkat Kabupaten Sijunjung untuk percepatan program pokok PKK untuk mewujudkan visi dan misi Gerak PKK (Dicko_Kominfo)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.