Portal Kabupaten Sijunjung

Gelar Rapat Tim PORA, Pengawasan Orang Asing Harus Dilakukan Secara Bersama

0

Muaro, MC Sijunjung – Dalam menjalankan amanat Undang – Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang keimigrasian, pengawasan keimigrasian meliputi pengawasan terhadap Warga Negara Indonesia dan pengawasan terhadap Warga Asing, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang menggelar Rapat Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) di Hotel Bukik Gadang Muaro Sijunjung, Sumatera Barat, Kamis (21/11/19).

Rapat itu melibatkan seluruh stakeholder dari Instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung, mulai dari Forkopimda Kabupaten Sijunjung, Kepala OPD terkait, Kepala Kantor Kementerian Agama Sijunjung, serta Camat se-Kabupaten Sijunjung.

Kegiatan tersebut dibuka Bupati Sijunjung yang diwakili Staf Ahli, Syahrial, dan dihadiri Kepala Divisi Keimigrasian Kemenkumham Sumatera Barat, Hendiartono, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang, Evi Syahlan dan jajarannya.

Dalam sambutannya, Staf Ahli Bupati, Syarial menyampaikan sebagaimana kita maklumi, keberadaan orang atau Warga Negara Asing yang melakukan beragam kegiatan di wilayah hukum Indonesia perlu mendapat perhatian semua pihak.

” Oleh karena itu, koordinasi antar instansi terkait dalam rangka menyamakan persepsi dalam hal pengawasan kegiatan orang asing di daerah khususnya di Ranah Lansek Manih sesuai dengan bidang tugas masing-masing mutlak dilakukan,” ujarnya.

” Dilihat dari posisi yang sangat strategis sebagai tujuan maupun transit lalu lintas orang asing dan barang maka sangat potensial diboncengi oleh kepentingan lain secara ilegal dan tidak bertanggung jawab, misalnya perdagangan manusia (human trafficking), penyelundupan manusia, lalu lintas barang terlarang (narkoba, psikotropika) serta kepentingan bernuansa politik, ekonomi, sosial budaya yang dapat mengancam stabilitas negara dan daerah,” imbuhnya.

Dikatakannya, di satu sisi, kehadiran orang maupun investasi asing, memang sangat dibutuhkan sepanjang membawa manfaat bagi pembangunan dan pengembangan daerah. namun dampak negatifnya juga harus diwaspadai.

” Untuk itu, kehadiran Tim Pengawasan Orang Asing (Tim PORA) di Kabupaten Sijunjung sebagai wadah tempat tukar-menukar informasi sehubungan dengan perlintasan, keberadaan dan kegiatan orang asing harus kita lakukan secara bersama-sama,” lanjutnya.

” Dengan adanya rapat ini, diharapkan dapat menyamakan persepsi sebagai anggota Tim Pengawasan Orang Asing. Dengan demikian maka akan bisa mendapatkan data dan informasi tentang keabsahan dan kegiatan orang asing di daerah sesuai dengan bidang tugas masing – masing,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang, Evi Syahlan mengatakan, tujuan kegiatan ini sesuai dengan Pasal 62, Undang – Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, pengawasan keimigrasian meliputi pengawasan terhadap Warga Negara Indonesia dan pengawasan terhadap Warga Asing.

“Pengawasan terhadap Warga Negara asing meliputi pengawasan lalu lintas orang asing yang masuk atau keluar wilayah Indonesia, serta pengawasan terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah Indonesia khususnya di Kabupaten Sijunjung,” jelasnya.

Kemudian, dengan meningkatnya fungsi dan pengawasan terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing, sehingga tim pengawasan orang asing sebagai garda depan dalam pengawasan orang asing tersebut.(Dicko)/infopublik.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.