Portal Kabupaten Sijunjung

Gelar Rapat Kerja Upaya Pemkab Sijunjung Dalam Pencapaian Acces Universal Sanitasi

0

Kamang, MC Sijunjung – Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung bekerja sama dengan PKBI Sumbar gelar rapat kerja dalam upaya pencapaian Acces Universal Sanitasi menuju Kabupaten Sijunjung ODF Tahun 2019.

Kegiatan yang dibuka langsung Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin diselenggarakan di Aula wana wisata telabang sakti Rabu, (9/10/19).

Dalam arahannya ia mengatakan Program Universal Access ini merupakan program antara dari program MDGs 2015 yang menargetkan akses air minum 67,8% dengan program SDGs 2030 yang menargetkan akses air minum perkembangannya pemerintah menargetkan 100% akses, 100% yang dalam air minum, 0% pemukiman kumuh dan 100% akses sanitasi.

” Air minum dan sanitasi merupakan kebutuhan dasar masyarakat yang merupakan bagian dari hak asasi manusia yang harus dipenuhi untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” ungkapnya.

Tahun 2019 ditargetkan Kabupaten Sijunjung 100% ODF atau tidak ada lagi individu di Kabupaten Sijunjung yang buang air besar sembarangan.
” Saat ini telah terdapat 32 Nagari serta 1 Kecamatan yang 100% ODF yaitu Kecamatan Kupitan. Namun masih terdapat 11 Nagari dengan persentasi 18 persen yang belum ODF,” terangnya.

“Untuk itu dalam waktu yang tersisa dua bulan lebih kita sama-sama berkomitmen, mencari langkah dan solusi untuk mencukupkan pencapaian yang hanya tersisa 18 persen untuk mencapai universal acces sanitasi menuju sijunjung ODF tahun 2019”, tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bapppeda Benny Dwifa Yuswir menjelaskan kegitan ini bertujuan dalam upaya pencapaian universal Acces Sanitasi menuju Kabupaten Sijunjung ODF Tahun 2019.

” Dengan menghadirkan semua pihak-pihak yang terkait mulai dari pemerintahan Nagari, Kecamatan, Pemerintah Kabupaten, OPD terkait yang tergabung dalam pogja AMPL, BUMN dan BUMD, Kepala Puskesmas, PKK Kabupaten,Kecamatan dan Nagari diharapkan dapat mendukung dengan cepat pencapaian target universal acces 100-0-100 dan penanggulangan stanting di Sijunjung,” harapnya.

Pada keempatan itu Ketua TP-PKK Sijunjung Ny En Yuswir Arifin, Kepala Dinas Perkim LH, Riky Mainaldi Neri, Kepala Dinas Kesehatan, Ezwandra dan Kepala Dinas DPMN, Khamsiardi selaku narasumber, yang dimoderatori oleh Ketua PKBI Sumbar, Firdaus Jamal.(Noven/MC Sijunjung)@infopublik.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.