Portal Kabupaten Sijunjung

FRAKSI PKS GERINDRA BERHARAP BANYAK KEPADA PEMDA

0

Fraksi PKS Gerindra DPRD Kabupaten Sijunjung dalam pemandangan umum terhadap empat rancangan Peraturan Daerah (Ranperda), sebagaimana disampaikan juru bicara fraksi tersebut, Syofian Hendri, S. Pdi pada rapat paripurna, di Gedung Dewan, Senin (3/9), berharap banyak kepada Pemerintah Daerah (Pemda).

Rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Yusnidarti, SH, MM dihadiri Bupati Sijunjung H. Yuswir Aifin Datuak Indo Marajo, unsur Forkopimda,  pejabat teras Pemkab, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD),  camat se-Kabupaten Sijunjung serta wakil dan segenap anggota dewan.

Empat Ranperda yang tahap pembahasannya penyampaian pemandangan umum fraksi, adalah tentang pengelolaan barang milik daerah, Ranperda penyelenggaraan kearsipan, Ranperda mars Sijunjung dan Ranperda perubahan kedua atas peraturan daerah nomor 2 tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Usaha

Syofian Hendri mengatakan, Ranperda pengelolaan barang milik daerah, adalah pembaruan dari Peraturan Daerah (Perda) Nomor 14 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah.

Tujuan utama dari Ranperda perubahan ini adalah untuk pengelolaan aset daerah yang profesional dan modern sehingga mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat dan stakeholder lainnya kepada Pemerintah Daerah, khususnya dalam pengelolaan aset.

Karena itu, diharapkan peranan pengelola aset daerah dapat menjadi penyeimbang kekuatan pasar sehingga mampu bersaing secara fair dan adil dengan entitas bisnis swasta sehingga melalui pengelolaan barang milik daerah yang optimal dan profesional dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Hal yang paling krusial dalam Ranperda pengelolaan barang milik daerah, pada draf bagian kedua tentang bentuk pemanfaatan barang daerah. Dalam pasal bagian kedua ini membahas jenis dan bentuk pemanfaatan barang milik daerah termasuk kerja sama pemanfaatannya oleh pihak lain.

Karena itu diperlukan pembahasan dan kajian yang lebih mendalam untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang ada agar peraturan yang akan dihasilkan bisa menjadi landasan pelaksanaan bagi semua pihak terkait.

Inventarisasi barang milik daerah harus dilakukan secara berkala dan konsisten. Hal ini harus dinyatakan dengan tegas dalam Perda yang akan dibahas. Tujuannya adalah, selain untuk tertib administrasi, inventarisasi aset secara berkala juga berguna untuk mengamankan barang milik daerah.

“Untuk pasal terkait pengapusan barang milik daerah, mohon pembahasannya agar lebih dipertajam. Pasal ini sangat krusial dan akan menjadi acuan implementasi bagi lembaga pengelola aset daerah, sehingga aturannya harus dipertegas,” harap Syofian Hendri. nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.