Portal Kabupaten Sijunjung

FRAKSI DPRD SAMPAIKAN PANDANGAN UMUM

0

Tindak lanjut dari pembahasan rancangan peraturan daerah (Ranperda) pembentukan dan susunan perangkat daerah Kabupaten Sijunjung, tujuh Fraksi DPRD setempat menyampaikan pandangan umum, dalam rapat paripurna di gedung dewan, Selasa (6/9).

Rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Muhklis Rasyid, dihadiri Bupati H. Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo, Forkopinda, Sekdakab A.T. Rohendi, pejabat teras Pemkab, Kepala SKPD,  camat se-Kabupaten Sijunjung dan segenap anggota dewan.

Tujuh Fraksi DPRD yang menyampaikan pandangan umum, Fraksi Golkar, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Amanat Nasional, Partai Persatuan Pembangunan, Bulan Bintang, Nurani Nasional dan Fraksi Demokrat.

Fraksi Bulan Bintang lewat sekretarisnya, H. Daswanto mengatakan, dengan pembenahan, penyelarasan dan penyempurnaan susunan perangkat daerah Kabupaten Sijunjung, diharapkan aspirasi masyarakat lebih mudah ditangkap dan dikonversi oleh pembuat kebijakan menjadi sebuah kebijakan yang berpihak pada kepentingan masyarakat. Baik terkait dengan kebijakan anggaran mau pun non anggaran.

Secara yuridis normatif, otonomi daerah telah memberikan kewenangan cukup besar bagi pemerintahan daerah untuk merancang serta melaksanakan kebijakan dan program pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan daerah.

Justru itu, kewenangan otonomi yang diterima pemerintah daerah, harus didayagunakan semaksimal mungkin untuk pencapaian dan peningkatan kesejahteraan masyarakat secara nyata dan bertanggungjawab, karena salah satu tujuan otonomi daerah adalah untuk menciptakan sistem pelayanan publik yang lebih baik, efektif dan efisien yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat, kata Daswanto.

Sementara Fraksi Amanat Nasional sebagaimana disampaikan sekretarisnya Aprisal Putra Bungsu, berharap kepada Pemkab Sijunjung Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Dinas Pemadam Kebakaran disatukan, karena kedua dinas itu sama-sama menyelenggarakan urusan pemerintah dibidang ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat.

Begitu pula Dinas Pangan dan Perikan serta Dinas Pertanian, Fraksi Amanat Nasional juga mengusulkan supaya disatukan, karena kedua dinas itu sama-sama menyelenggarakan urusan pemerintah yang serumpun.

Sedangkan Fraksi Partai Persatuan Pembangunan melalui sekretarisnya H. Darmawan minta penjelasan kepada pemerintah daerah  apa yang menjadi indikator penentuan seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Sijunjung (delapan kecamatan) sebagai tipe A, pada hal luas wilayah dan jumlah penduduk satu kecamatan dengan yang lain berbeda yang beban kerja tentunya juga berbeda. –nas.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.