Portal Kabupaten Sijunjung

FORIKAN SIJUNJUNG DINILAI TIM SUMBAR

0

Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Sijunjung dan rumah makan yang menyajikan menu ikan, dinilai oleh tim Provinsi Sumatera Barat, Jumat (20/5). Tim penilai yang beranggota enam orang, dipimpin ketua umum Forikan Sumbar Ny. Hj. Nevi Irwan Prayitno.

Selain Bupati H. Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo  dan ketua Forikan Ny. Hj. En Yuswir Arifin, penilaian Forikan yang dilaksanakan di TK Negeri Padang Laweh, Kecamatan Koto VII, juga dihadiri kepala SKPD terkait dan ketua Forikan kecamatan se-Kabupaten Sijunjung.

Dalam penilaian itu, sekaligus dilaksanakan lomba masak bahan baku serba ikan tingkat Kabupaten Sijunjung tahun 2016 yang pesertanya utusan dari delapan kecamatan.

Sedangkan rumah makan yang menyajikan menu ikan yang dinilai, adalah rumah makan Amak yang terletak di Simpang Logas Muaro Sijunjung.

Ketua Forikan Ny.  En Yuswir Arifin dalam eksposenya mengatakan, guna percepatan peningkatan konsumsi ikan masyarakat, berbagai upaya dilakukan oleh Forikan Kabupaten Sijunjung.

Berbagai upaya yang dilakukan itu, diantaranya mensosialisasikan gerakan memasyarakatkan makan ikan sebagai sumber makanan bergizi tinggi, di tingkat kecamatan, nagari dan jorong.

Upaya lain, memotivasi dan mendorong minat masyarakat dalam meningkatkan konsumsi ikan dan mengkampanyekan peningkatan nilai tambah melalui peanekaragaman pengolahan pangan yang berbahan baku ikan.

Kemudian mensosialisasikan manfaat makan ikan dikalangan anak didik. Berperan sebagai mitra aktif, produktif dan evaluative terhadap semua langkah dan gerakan kampanye makan ikan. Ikut serta  meningkatkan  kualitas sumber daya manusia, ketahanan usaha dan kesejahteraan keluarga pengolah dan pembudidaya ikan serta membentuk dan menyusun kepengurusan Forikan di tingkat kecamatan, papar Ny. En Yuswir Arifin.

Ketua tim penilai Ny. Nevi Irwan Prayitno mengaku bangga, karena pada tahun 2015 Kabupaten Sijunjung tampil sebagai juara I di Provinsi Sumatera Barat dalam lomba Forikan dan lomba implementasi gemarikan serta juara II lomba rumah makan yang menyajikan menu ikan, dengan harapan prestasi dan kebehasilan yang dicapai bisa dipertahankan dan ditingkatkan pada tahun 2016 ini.

Disamping itu Ny. Nevi Irwan Prayitno juga berharap, prestasi dan kebehasilan yang dicapai Forikan Kabupaten Sijunjung tidak hanya dalam meraih juara, tapi juga dalam meningkatkan konsumsi ikan. –nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.