Portal Kabupaten Sijunjung

Fokus Pada Pemulihan Ekonomi, Bupati Membuka Musrenbang RKPD 2022 Sijunjung

Sijunjung-MC. Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2022 Kabupaten Sijunjung hari ini Rabu, 31 Maret 2022 dibuka oleh Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir. Musrenbang RKPD ini adalah sebagai salah satu tahapan perencanaan di daerah yang sebelumnya juga sudah dimulai musyawarah baik di tingkat Nagari maupun di tingkat Kecamatan.

Kepala Bapppeda Kabupaten Sijunjung Yuni Elfiza dalam laporan penyelenggaraan menyampaikan bahwa tema Musrenbang RKPD kali ini adalah “Percepatan Pemulihan Ekonomi Daerah Melalui Peningkatan Kualitas Infratruktur dan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan”. Musrenbang ini selain dihadiri oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah juga dihadiri oleh perwakilan dari seluruh elemen masyarakat diantaranya adalah organisasi dan lembaga pemerintah MUI, KONI, PKK, GOW, organisasi sosial kemasyarakatan, kepemudaan, lembaga kerapatan adat, bundo kanduang, LSM dan juga perguruan tinggi. Pelaksanaan musrenbang ini selain dilakukan dengan tatap muka juga dilakukan secara virtual yang setiap masyarakat dapat mengikutinya secara online.

Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Barat dalam sambutannya yang disampaikan secara virtual melalui Zoom Meeting juga berpesan bahwa selain fokus pada Visi dan Misi Kepala Daerah, Pemerintah Derah juga harus tetap menjadikan penanganan dan penanggulangan pandemi Covid-19 sebagai prioritas pada tahun 2022. “Kita semua masih mengetahui bahwa pandemi ini belum berakhir dan tetap harus menjadi prioritas upaya-upaya pencegahan dan penanggulanganya” demikian disampaikan.

Dalam sambutannya sebelum membuka pelaksanaan Musrenbang, Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak dan element masyarakat yang telah memiliki kepedualian dalam perencanaan pembangunan Kabupaten Sijunjung ke depan.

“Seluruh rencana pembangunan harus mengacu pada Visi dan Misi yang sudah Kami sampaikan bersama-sama Bupati dan Wakil Bupati” ujar Benny. Selain itu tema pembangunan juga harus tetap mensinkronkan dengan tema, kebijakan dan program secara berjenjang dari Provinsi maupun dari tingkat Nasional.

Sektor-sektor yang tetap akan diupayakan sebagai penggerak ekonomi ke depan bukan hanya sektor pertanian tetapi juga sektor pariwisata dan perdagangan, tentu saja harus tetap didukung oleh peningkatan sektor infratruktur. Agar seluruh Perangkat Daerah tetap berupaya sungguh-sungguh untuk mendengarkan aspirasi masyarakat sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing, demikian Bupati Benny mengakhiri sambutannya. PujiB-Kominfo.

You might also like

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.