Portal Kabupaten Sijunjung

FIELD DAY, SOSIALISASI TANAM PADI MENGGUNAKAN BENIH BERSERTIFIKAT

0

Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung melaksanakan Field Day Tanam Padi bersertifikat Kelompok Tani Pacicingan, Nagari Kupitan, Rabu (26/9) di hamparan sawah Jorong Kapalo Koto.

Kegiatan dihadiri Staf ahli Bupati, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Pangan dan Perikanan, Kepala Dinas Dagperinkop, Kepala Dinas Tanah Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sumatera Barat.

Sosialisasi tanam padi menggunakan benih bersertifikat serta demonstrasi translenter bertujuan untuk mensosialisasikan akan pentingnya menggunakan benih bersertifikat serta mensosialisasikan penggunaan teknologi pertanian khususnya translenter guna efesiensi untuk menanam padi.

Kegiatan dibuka Staf Ahli Bupati, Nizam Muluk, dalam sambutannya menyampaikan pemeliharaan translenter bisa bertahan berjangka waktu lama karena harganya yang mahal.
” Petani sekarang lebih banyak bapolak daripada menanam padi, diharapkan kepada bapak dan ibuk fokus untuk pertanian ini, karena kebanyakan tidak ada keluarga tani itu yang miskin, filosofi petani, sesungguhnya pupuk tani yang paling subur itu adalah telapak kaki”, pesannya.

Sementara itu ditambahkan Ir. Irawati, MP, BPSB Provinsi Sumatera Barat, menyebutkan bagaimana pengawasan benih yang bermutu, karena banyak yang tidak aktifnya kelompok tani.
” Untuk sertifikasi benih tidak sulit, karena mengharapkan benih yang bermutu ini bisa terlaksana di Kabupaten Sijunjung”, jelasnya.

Ditambahkan Ir. Ediarman, MSi, Mekanisasi Pertanian Provinsi Sumatera Barat,” Kita perlu kedisiplinan memakai alat, tidak hanya membersihkan juga kepada mesinnya, kita perlu merawatnya, karena menggunakan alat tersebut meminimkan biaya, dengan demikian dimana kelompok itu berada secara bersama bisa berkembang di masyarakat, secara berangsur-angsur bisa lebih meluas lagi”.

Kepala Dinas Tanah Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sumatera Barat juga turut menjelaskan bagaimana meningkatkan produksi pertanian Sumatera Barat sehingga nantinya dapat menyediakan pangan sebanyak-banyaknya. (Rara/Dicko-Kominfo)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.