Portal Kabupaten Sijunjung

FIELD DAY, PANEN PADI DI NAGARI LATANG

0

Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung terus mewujudkan komitmennya dalam pembinaan, pengawasan dan monitoring Program Desa Mandiri Benih.

Bertempat di Nagari Latang, Kecamatan Lubuk Tarok dilaksanakan kegiatan panen padi, Senin (30/04).

Panen yang dilakukan Kelompok Tani Penangkar Padi, Tiwal Sipundung, yaitu padi jenis Batang Piaman seluas 6,5 hektar dan Caredek Merah seluas 3,5 hektar.

Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura, Ning Wisma Utami, SP, M.Si menyebutkan Dinas Pertanian telah mendampingi kelompok ini pada panen sebelumnya yaitu jenis IR 66.

” Kalau benih padi varietas IR 66 sudah dikemas dan siap disalurkan dengan stok yang masih tersisa 3.200 kg”, ungkapnya.

” Kelompok Tiwul Sipundung ini merupakan kelompok yang aktif, mereka telah memperoleh bantuan gudang, peralatan serta tempat penjemuran padi dari pusat pada Tahun 2016 lalu sebesar Rp 170.000.000,-“, sebutnya.

Ning juga mengungkapkan, tugas utama Dinas Pertanian saat ini untuk bisa mengajak masyarakat menggunakan benih padi unggul dan bermutu yang berlabel.

” Masih banyak masyarakat kita yang masih membeli benih milik sesama petani, padahal di UPTD Dinas Pertanian telah menyediakan benih subsidi seharga Rp.5.500,- per kilogram”, ujarnya.

” Kalau dipasaran harganya bisa mencapai Rp. 11.000,- per kilogram” tambahnya.

” Kebanyakan masyarakat belum tahu, harus dilakukan sosialisasi secara menyeluruh ke seluruh masyarakat di Kabupaten Sijunjung”, harapnya.

Kegiatan juga dihadiri Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumatera Barat, Dagperinkop, Dinas Kominfo, Wali Nagari Latang serta masyarakat Nagari Latang.(MC Kab Sijunjung)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.