Portal Kabupaten Sijunjung

FIELD DAY, PANEN BAWANG MERAH KELTAN KAMI SAIYO LUBUK TAROK

0

Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung melaksanakan Field Day, panen bawang merah Kelompok Tani (Keltan) Kami Saiyo, Nagari Lubuk Tarok, Rabu (19/9) di hamparan sawah Jorong Koto Tuo.

Panen dilakukan pada lahan seluas 0,1 hektar yang telah ditanami sejak 7 Juli 2018 lalu untuk 100 kg bibit , dipanen pada usia 2,5 bulan dari masa tanam sejak 7 Juli kemaren.

” Bawang yang dipanen akan dijadikan bibit untuk kelompok kami sendiri, dan untuk masyarakat akan digunakan 10 kg akan digunakan oleh masyarakat untuk ditanam di pekarangan rumah” ujar Ketua Keltan Kami Saiyo, Dalius dalam laporannya.
” Selanjutnya kedepan kami akan menanam kedelai di lahan yang sedang di bajak,” tambahnya.

Kegiatan dibuka Staf Ahli Bupati, Nizam Muluk, dalam sambutannya menyampaikan atas nama Pemda Kabupaten Sijunjung memberikan apresiasi yang tinggi kepada Dinas Pertanian, Penyuluh dan Keltan Kami Saiyo atas keberhasilan membudidayakan tanaman bawang merah di Nagari Lubuk Tarok.

” Diharapkan Keltan Kami Saiyo konsisten terus untuk membudidayakan bawang merah ini,” harapnya.

Ditambahkan Kepala Dinas Pertanian, Ir. Ronaldi, Pertanian merupakan basis perekonomian di Kabupaten Sijunjung, artinya sektor pertanian merupakan sektor strategis yang akan dikembangkan kedepannya sebagai pengungkit ekonomi.

” Komoditi seperti bawang, cabe, dan jagung pada saat ini akan memberikan hasil yang baik untuk dikembangkan karena harganya cenderung stabil,” terangnya.

Turut hadir Kepala Dinas Parperi, Ir. Yulizar, OPD terkait, Sekretaris Camat Lubuk Tarok, Wali Nagari Lubuk Tarok, Zuriatman, Damramil dan Kepolisian serta beberapa Keltan di Nagari Lubuk Tarok.(MC Kab Sijunjung) @sijunjung.go.id

 

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.