Portal Kabupaten Sijunjung

EVALUASI KINERJA SKPD

0

Fraksi Partai Keadilan Sejahtera DPRD Kabupaten Sijunjung dalam pendapat akhir  terhadap rancangan peraturan daerah (Ranperda) pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sijunjung  tahun 2015, sebagaimana disampaikan anggota fraksi tersebut, Syofian Hendri pada rapat paripurna di gedung dewan, Senin (8/8),  memberi masukan dan saran kepada Pemkab.

Rapat paripurna yang dipimpin ketua DPRD Mukhlis Rasyid, dihadiri Bupati Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo, Wakil Bupati  Arrival Boy,  unsur Forkopinda, Sekdakab, pejabat teras Pemkab, kepala SKPD, kepala instansi vertikal, kepala BUMN, kepala BUMD, kepala bagian, wakil dan anggota DPRD serta camat se-Kabupaten Sijunjung.

“Kita perlu mengevaluasi kembali apakah program yang dibuat dan dilaksanakan selama ini telah menyentuh kepentingan masyarakat banyak, apakah distribusi dari program tersebut sudah tepat sasaran, ini perlu menjadi perhatian kita bersama, karena selama ini dalam setiap kesempatan, selalu mengatasnamakan masyarakat,” kata Syofian Hendri.

Evaluasi perlu dilakukan karena permintaan masyarakat Kabupaten Sijunjung tidak muluk-muluk. Masyarakat hanya menginginkan layanan yang baik dan cepat ketika berurusan dengan aparat pemerintahan. Layanan pendidikan dan kesehatan yang murah dan memadai, perbaikan atas ekonomi yang berbasis kerakyatan, adanya program yang tepat untuk pengentasan kemiskinan dan mengatasi pengangguran serta infrastruktur dasar yang berkualitas, ulas Syofian.

Bagaimana pun juga, unsur manusia merupakan variabel penting dalam kelancaran proses pembangunan. Sebaik apa pun program yang telah disusun, sebanyak apa pun anggaran yang tersedia, jika tidak didukung oleh integritas dan komitmen yang baik dari para pelaksana program, niscaya kualitas dari program yang dilaksanakan tidak akan mengalami kemajuan yang signifikan.

Karena itu, pencanangan sebagai tahun konsolidasi pada saat ini, perlu dilakukan evaluasi terhadap kinerja SKPD. Bagi kepala SKPD yang telah menjalankan tugasnya dengan baik, dapat dipertahankan untuk melanjutkan masa tugas berikutnya. Namun bagi kepala SKPD yang kurang mampu menjalankan tugasnya dengan baik, perlu dilakukan restrukturisasi serta menempatkan kembali personil yang sesuai dengan kapasitas dan kapabilitasnya, sehingga visi Sijunjung madani dapat terwujud dengan baik.

Karena kemajuan suatu daerah sangat tergantung pada kualitas sumber daya manusia, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera mengharapkan lokasi anggaran untuk pendidikan mampu meningkatkan kemajuan dunia pendidikan di Kabupaten Sijunjung.

“Kami menyadari, ketika berbicara tentang pendidikan, sebenarnya juga tidak sepenuhnya menyangkut persoalan anggaran. Akan tetapi yang juga perlu menjadi perhatian bagi kita adalah bagaimana efektifitas dari penggunaan anggaran tersebut.

Dalam konteks penggunaan anggaran tahun 2015, khususnya menyangkut pendidikan, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera memandang ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mendukung kemajuan dunia pendidikan kita di Kabupaten Sijunjung, yakni koordinasi dan sinkronisasi program partisipasi masyarakat transparansi atau keterbukaan akuntabilitas,” jelas Syofian Hendri. –nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.