Portal Kabupaten Sijunjung

ENDI NAZIR CAMAT TERBAIK

0

endiCamat Kamang Baru, Endi Nazir terpilih sebagai terbaik pertama dalam penilaian kompetensi camat tingkat Kabupaten Sijunjung pada tahun 2016 ini. Sedangkan Camat IV Nagari, Khamsiardi dan Camat Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir terbaik dua dan tiga.

Dalam penilaian kompetensi walinagari, terbaik I, II dan III, Walinagari Lalan, Kecamatan Lubuak Tarok, Martonis, Walinagari Tanjung Labuah, Kecamatan Sumpur Kudus, Aldi Nasrul dan Walinagari Kandang Baru, Kecamatan Sijunjung, Marhalim.

Terbaik I, II dan III sekretaris nagari,  Sekretaris Nagari Koto Tuo, Kecamatan IV Nagari, Zulmi Septiadi, Sekretaris Nagari Lubuak Tarok, Eki Nofiandra dan Sekretaris Nagari Muaro, Kecamatan Sijunjung, Sudirman.

Atas prestasi yang diraih, kesembilan terbaik itu menerima piala dan piagam penghargaan dari Bupati Sijunjung yang diserahkan Sekdakab A. T. Rohendi, ketua DPRD Mukhlis Rasyid, unsur Forkopinda dan Asisten I Jaheri seusai upacara  Hari Kesadaran Nasional dan  peringatan hari Perhubungan Nasional, di halaman Kantor Bupati.

Disamping menerima piala dan piagam penghargaan, camat, walinagari dan sekretaris nagari yang terpilih sebagai terbaik I, juga dipercaya mewakili Kabupaten Sijunjung dalam mengikuti penilaian yang sama di tingkat Provinsi Sumatera Barat, kata Asisten I Jaheri selaku ketua tim penilai.

Menurut Jaheri, sesuai peraturan Gubernur Sumatera Barat nomor 14 tahun 2016 tentang petunjuk teknis penilaian kompetensi camat, indikator yang dinilai, bidang penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan bidang pelayanan masyarakat.

Bidang penyelenggaraan pemerintahan, meliputi kemampuan menguasai peraturan perundangan dalam pelaksanaan urusan pemerintahan dan penjabarannya dalam pelaksanaan. Kemampuan melaksanakan tugas untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah dan menyelenggarakan tugas umum pemerintahan mau pun tugas/kewenangan yang didelegasikan oleh bupati.

Kemampuanmengkoordinasikan tugas-tugas pemerintahan baik vertikal mau pun horizontal. Kemampuan berinovasi dan berkreasi dalam pelaksanaan urusan pemerintahan. Kemampuan melakukan pembinaan terhadap pemerintahan nagari/desa.

Kemudian kemampuan melakukan pengawasan pelaksanaan peraturan daerah dan peraturan perundang-undangan lainnya dalam penyelenggaraan pemerintahan  nagari/desa. Kemampuan membina hubungan dengan walinagari/kepala desa. Kemampuan menyelesaikan permasalahan yang menyangkut ketertiban umum. Sistem pembinaan administrasi pemerintahan kecamatan dan staf.

Bidang pelaksanaan pembangunan, keterlibatan masyarakat dalam pelaksanaan Musrenbang kecamatan, jumlah dan porsentase pembangunan yang dilaksanakan atas prakarsa masyarakat, kemampuan berkreasi dan menciptakan terobosan baru dalam penggalian sumber keuangan dan upaya pembangunan.

Bidang pelayanan masyarakat, kemampuan dalam memberikan pelayanan dengan segera, prima dan memuaskan masyarakat, kemampuan menanggapi permasalahan di masyarakat dan upaya penyelesaiannya, porsentase peran serta atau keterlibatan perempuan dalam kegiatan pembangunan di kecamatan serta keterbukaan untuk memberikan ruang publik bagi masyarakat untuk melakukan pengawasan, urai Jaheri. –nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.