Portal Kabupaten Sijunjung

EN YUSWIR ARIFIN TAMPIL SEBAGAI NARASUMBER RAKOR FORIKAN

0

Ketua forum peningkatan konsumsi ikan (Forikan) Kabupaten Sijunjung, Ny.En Yuswir Arifin mendapat kehormatan sebagai narasumber dalam rapat koordinasi (rakor) Forikan Provinsi Sumatera Barat.

”Rakor tahun ini, Ketua Forikan  mendapat kehormatan  sebagai narasumber dalam rakor Forikan,” kata Kepala Bidang Perikanan Kabupaten Sijunjung, Ir.Sutarto, Selasa (30/8).

Sutarto yang mendampingi Ketua Forikan Kabupaten Sijunjung dalam rakor Forikan  tingkat Provinsi Sumatera Barat di Kota Padang, Senin (29/8) mengatakan, dimintanya Ketua Forikan Kabupaten Sijunjung sebagai narasumber dalam rakor tersebut, tidak lepas dari komitmen dan keseriusan Forikan Kabupaten Sijunjung dalam melaksanakan gerakan memasyarakatkan makan ikan (gemarikan) di kabupaten berjuluk Ranah Lansek Manih.

Dalam rakor yang dibuka Ketua Forikan Provinsi Sumatera Barat, Ny.Nevi Irwan Prayitno serta dihadiri Ketua Forikan dari kabupaten/kota se Sumatera Barat, Ketua Forikan se Sumbar, Ny.Yuswir Arifin memaparkan gemarikan di Kabupaten Sijunjung.

Gemarikan di Sijunjung, diawali dengan himbauan dari Ketua Forikan Kabupaten Sijunjung, dan ditindaklanjuti dengan Surat Edaran Bupati Sijunjung ke SKPD, Camat dan Walinagari se Kabupaten Sijunjung..

Himbauan dan ajakan tersebut, ditindaklanjuti dengan pencanangan kesepakatan gemarikan di Kabupaten Sijunjung. Ada tujuh point penting yang menjadi topik untuk mensukseskan gemarikan di kabupaten berjuluk ranah lansek manih ini.

Diantaranya, mensukseskan dan mensosialisasikan gemarikan di tingkat kecamatan, nagari dan jorong.Kemudian, memotivasi masyarakat dalam mengkomsumsi ikan, mensosialisasikan manfaat makan ikan dikalangan anak didik hingga membentuk kepengurusan forikan di tingkat kecamatan dan nagari.

Sementara untuk mendukung program gemarikan, Pemkab Sijunjung memberikan perhatian yang cukup besar. Antara lain memberikan alokasi dana melalui APBD kabupaten. Dana tersebut dimanfaatkan untuk program fish for school, sosialisasi gemarikan di posyandu, sosialisasi gemarikan.

Kemudian, kegiatan pemanfaatan kolam pekarangan, mengikuti lomba gemarikan tingkat provinsi dan pembinaan pengolahan masak ikan.Sedangkan kegiatan gemarikan di Sijunjung dilakukan secara terpadu.

Di sekolah misalnya, melibatkan Dinas Pendidikan, Dinas Peternakan dan Perikanan dan TP PKK. Begitu juga gemarikan di kelompok tani dan KWT mengikutsertakan BP4KKP dan Dinas Peternakan dan Perikanan.

Sementara di posyandu melibatkan Dinas Kesehatan, kantor PPrKB dan Dinas Peternakan dan Perikanan.”Alhamdulillah, kerjasama ini mampu melahirkan prestasi, yakni juara I kategori PAUD dan juara I Forikan tingkat Provinsi Sumatera Barat,” tukas Ny.En Yuswir Arifin.zet@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.