Portal Kabupaten Sijunjung

ELVA SETUJUI DENGAN PENATAAN ARSIP

0

Anggota DPRD Elva Endayani, A.Md menyetujui pembentukan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang kearsipan menjadi Peraturan Daerah (Perda). Lantaran arsip berguna untuk di masa yang akan datang.

“Kami mendukung program Pemerintah untuk membuat Perda tentang kearsipan,”ungkap Elva ketika menyampaikan pandangan Umum Fraksi Golkar, di Ruang Sidang Utama DPRD Sijunjung, Senin (3/9).

“Pembentukan kearsipan tidak hanya pada perpustakaan, tapi masing-masing SKPD harus mempunyai tempat arsip yang memadai. Setiap SKPD harus menempatkan staf yang bertanggung jawab untuk kerapian arsip tersebut. Ketika dibutuhkan, arsip yang dicari itu dapat ditemukan secara cepat dan mudah”, ujar Elva

Berbagai macam dokumen terutama arsip sering  diabaikan. Bahkan setelah melakukan transaksi, arsip tersebut ditempat disembarangan dan ada yang hilang entah kemana, terutama setelah pihak yang berwenang untuk melakukan pemeriksaan.

Selama ini lanjutnya, arsip teringat ketika diperlukan. Terutama untuk mendukung kegiatan yang selama ini dilaksanakan. Wajar, ketika ada temuan, semua sibuk mencari arsip yang dibutuhkan.

Kedepannya, ungkap Politisi Partai perlu ditanamkan sikap, bahwa arsip itu sangat penting setiap saat. Tidak hanya untuk saat ini. Tapi untuk dimasa yang akan datang. Bahwa arsip sangat membantu tugas pemerintahan untuk dimasa yang akan datang.

Dengan adanya rencana pemerintah untuk membuat perda tentang kearsipan, setiap Satuan Kerja Perangkata Daerah (SKPD) tentu harus membuat aturan yang tegas tentang arsip. masing-masing SKPD harus mempunyai tempat arsip yang memadai. Ketika arsip tentang apa saja yang dibutuhkan, dengan mudah di dapat.- yan@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.