Portal Kabupaten Sijunjung

Dua Pramuka Cilik Tampil Dihadapan Wagub

0

Muaro, MC. Sijunjung – Wakil Gubernur (Wagub) H. Nasrul Abit selaku ketua Kwatir Daerah Gerakan Pramuka 03 Provinsi Sumatera Barat  menjadi inspektur upacara  peringatan hari Pramuka ke-58, tingkat Kabupaten Sijunjung, di lapangan sepakbola Profesor Muhammad Yamin, Kamis (29/8).

Sedangkan komandan dan perwira upacara, ketua Andalan Bina Muda serta Andalan Bidang Organisasi dan Evaluasi Kwarcab 0303 Kabupaten Sijunjung, Bripka Sepman Hadi dan Carly Marlinton,

Upacara dihadiri Wakil Bupati (Wabup) H. Arrival Boy selaku Wakil Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka 0303 Cabang (Wakamabicab) Sijunjung, unsur Forkopimda, pejabat teras Pemkab, kepala OPD, camat, ketua berbagai organisasi wanita serta pengurus cabang dan para Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kama Bigus).

Selain itu juga hadir sejumlah pengurus Andalan Kwatir Daerah Gerakan Pramuka 03 Provinsi Sumatera Barat. Sedangkan peserta upacara yang jumlahnya lebih kurang 1.000 orang, terdiri dari Pramuka SD dan  SLTP  di sekitar Muaro Sijunjung serta Pramuka  SLTA  se-Kabupaten Sijunjung.

Disamping menjadi inspektur upacara, Wagub Nasrul Abit juga menyematkan Tanda Penghargaan Lencana Darmabakti ke baju Wakamabicab Sijunjung, Arrival Boy serta meniup api di atas kue ulang tahun Pramuka sekaligus memotong kue ulang tahun itu.

Hal yang mengesankan dalam pelaksanaan upacara, dua Pramuka cilik, murid SD Islam Unggul Terpadu Nagari Padang Sibusuk, Kecamatan Kupitan, Faid Akhtar Khairan dan murid SDN 13 Muaro, Kecamatan Sijunjung, Durah Aqila Inadi, tampil dihadapan Wagub mengucapkan Dwi Darma tampa teks dengan lancar, tegas dan jelas.

Sebelumnya, siswa SMAN 1 Revyka Asyahanur Qohdimah, siswa SMAN 2 Rahmatila Salwa dan siswa MTsN 1 Sijunjung, Siti Fatimah, juga tampil mengucapkan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, Pancasila serta Dasa Darma Pramuka tampa teks, dihadapan Wagub.

Sebelum upacara dimulai, saat sampai di lapangan sepakbola Profesor Muhammad Yamin, Wagub Nasrul Abit dan rombongan yang didampingi Wabup Arrival Boy disambut tari pedang, tari pasambahan dan siriah di carano oleh Pramuka SMAN 1 Sijunjung yang dilanjutkan dengan penampilan gebyar semaphon oleh 120 Pramuka SDN 11 Silokek.

Selain gebyar semaphon, Pramuka SDN 11 Silokek juga menampilkan tari dulang yang diangkat dari kehidupan sehari-hari masyarakat Nagari Silokek, yaitu mendulang emas dengan memakai alat tradisional, Jae.

Usai upacara, Wagub Nasrul Abit,  Wabup Arrival Boy dan pengurus Andalan Kwatir Daerah Gerakan Pramuka 03 Provinsi Sumatera Barat masuk ke tengah lapangan sepakbola Profesor Muhammad Yamin untuk foto bersama dengan peserta upacara.

Kesempatan foto bersama dengan Wakil Gubernur Sumbar dan Wakil Bupati Sijunjung  tidak hanya disambut dengan riang gembira oleh peserta upacara, tapi para guru juga memanfaatkan kesempatan baik itu. –nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.