Portal Kabupaten Sijunjung

DISNAKERTRANS GELAR SOSIALISASI PASAR KERJA

0

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Naketrans) Kabupaten Sijunjung melakukan sosialisasi informasi pasar kerja kepada siswa SMK di wilayah kerjanya.

Tak tanggung-tanggung, sosialisasi yang digelar secara marathon ini, Dinas Nakertrans Sijunjung mengandeng Dinas Nakertrans Provinsi Sumatera Barat dan Balai pelayanan penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Padang.

Sosialisasi tersebut, kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sijunjung, Riky Mainladi Neri, dalam rangka memberikan informasi dan pemahaman yang benar kepada siswa SMK mengenai prosedur penempatan tenaga kerja sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“ Kita melakukan sosialisasi ini untuk meningkatkan wawasan dan pemahaman bagaimana siswa setelah lulus dapat mengakses informasi tentang pasar kerja baik dalam maupun luar negeri,” baik dalam maupun luar,” kata Riky Mainaldi Neri di gedung UDKP Kecamatan Koto VII.

Sosialisasi tersebut, sambung Riky, dilaksanakan secara marathon ke seluruh SMK di kabupaten berjuluk Ranah Lansek Manih, dengan jumlah peserta sebanyak 827 orang siswa.

“Tahap awal sosialisasi ini kita laksanakan di SMK Negeri 1 Sijunjung dengan jumlah peserta sebanyak 252 orang siswa.Kemudian berlanjut ke SMK lain, baik negeri maupun swasta,”jelas Riky.

Kepala Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Padang, Harris Nainggolan mengapresiasi langkah yang dilakukan Dinas Nakartrans Kabupaten Sijunjung.

“Terima kasih, sosialisasi ini sangat bermanfaat bagi siswa SMK yang akan lulus,” ucap Harris Nainggolan.

Kata Harris,  peluang pasar kerja, baik dalam maupun luar negeri cukup banyak.Namun untuk  bisa berebut pasar kerja, baik dalam maupun luar negeri, seperti Jepang dan Korea harus melengkapi diri dengan kompetensi kerja.

“Selain bahasa, untuk berebut pasar kerja kita dituntut melengkapi diri dengan kompetensi kerja,” jelasnya.

Senada dengan Harris, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Barat, Nazrizal.Ia berharap, pihak sekolah atau majelis guru dapat membekali para siswa dengan keterampilan yang disukai pasar.

“ Pasar kerja di luar negeri cukup banyak.Siapkan anak didik dengan keterampilan dan kompetensi sesuai dengan permintaan pasar kerja,” ujarnya.

Sosialisasi yang digelar sehari itu menghadirkan nara sumber Ketua BP3TKI Harris Nainggolan, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sijunjung, Riky Mainaldi Neri dan Ketua TP PKK Kabupaten Sijunjung, Ny.En.Yuswir Arifin.-zet @sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.