Portal Kabupaten Sijunjung

DISKOMINFO GELAR LOMBA MEDIA TRADISIONAL TERBAIK TINGKAT KABUPATEN

0

Melalui diadakan pemilihan media tradisional terbaik tingkat Kabupaten untuk menyalurkan bakat seni para peserta, ada 4 grub yang mengikuti yaitu dari Nagari Palangki (randai sarunai sangkokalo), Nagari Palaluar (randai kinantan tunas baru), Nagari Tanjung Bonai Aur (randai kubang tigo baririk), Nagari Lubuk Tarok (saluang dangdut), di Gedung Pertemuan Pancasila, Rabu (19/7).

Dihadiri Wakil Bupati Sijunjung, Kepala Dinas Kominfo Provinsi yang mewakili Erita rais, SE,MM, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Dinas Kominfo Sijunjung dan pelaku seni media tradisional.

Acara pemilihan media tradisional terbaik tingkat Kabupaten dibuka langsung oleh Wakil Bupati dalam sambutannya, Arrival Boy, mengatakan, maksud dari menyelenggarakan kegiatan ini sebagai upaya untuk memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budaya tradisional. Yang mana telah kita rasakan bersama, derasnya arus globalisasi dan kemajuan teknologi tak dapat kita pungkiri telah banyak membawa pengaruh negatif terhadap sendi-sendi nilai budaya bangsa.

Sedangkan fungsi dari media tradisional merupakan alat pendidikan masyarakat, media perjuangan, media kritik sosial, media pembangunan dan media komunikasi maupun informasi lainnya dan pemberdayaan sumber daya manusia lewat kesenian tradisional dan modern. Mengapresiasi kegiatan ini dan berharap dapat sebagai benteng yang kokoh untuk menahan derasnya pengaruh budaya asing yang dapat merusak budaya kita. Kita semua tahu dan dapat melihat di zaman sekarang ini generasi muda sudah tidak banyak yang mau melestarikan kesenian budaya tardisional.

Masyarakat sekarang sudah tergerus oleh budaya asing melalui media atau sarana teknologi yang begitu canggih, maka dengan efek dan dampak yang begitu besar terhadap masyarakat perlu adanya pembinaan dari pemerintah daerah dalam upaya melestarikan budaya lokal yang penuh filsafat kehidupan dan berusaha mengembangkan terus nilai-nilai kebudayaan tradisional agar dapat menjadi pusaka yang tidak akan pupus ditelan zaman, oleh karena itu maka Dinas Komunikasi dan Informatika melakukan pemilihan media tradisional kepada pelaku seni dan pemerhati seni tradisional agar mampu bertahan hidup dalam kanca peradaban dunia yang semakin meng-global,”tambah Boy

Wakil Bupati sangat berharapkan dengan adanya lomba media tradisional ini dapat menghasilkan para seni yang handal dan bisa ikut di perlombaan di tingkat provinsi maupun nasional untuk membawa nama baik Kabupaten Sijunjung. (Dicko-kominfo@sijunjung.co.id)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.