Portal Kabupaten Sijunjung

DISDIK DAN POLRES GELAR PENYULUHAN HUKUM TERPADU

0

Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin membuka secara resmi penyuluhan hukum terpadu bagi siswa SMA/MA dan SMK di gedung pertemuan Pancasila Muaro Sijunjung, Senin (25/7).

Kegiatan yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Kabupaten Sijunjung bekerjasama dengan Polres Sijunjung setempat sebagai bentuk untuk mewujudkan peserta didik yang cerdas hukum.

Hadir pada pembukaan kegiatan itu, Kapolres Sijunjung, AKBP Dodi Pribadi, Kadis Perhubungan Ramler, Kepala Bidang Pendidikan Menengah, Yulius Marleni, KTU Satpol PP, Zulgafar, dan para perwira Polres Sijunjung serta guru-guru dari berbagai sekolah.

Bupati Yuswir Arifin menyambut baik kegiatan penyuluhan hukum terpadu tersebut. Pasalnya, kegiatan tersebut, selain mencerdaskan para siswa dalam pengetahuan hukum, kegiatan tersebut juga menciptakan peserta didik yang taat hukum.

 “ Untuk mencegah dan menciptakan peserta didik yang taat hukum, perlu diberikan penyuluhan hukum,” kata Yuswir Arifin.

Bahkan disela membuka kegiatan itu, orang nomor satu di kabupaten berjuluk Ranah Lansek Manih ini mengadakan kuis dadakan. Bagi siswa yang bisa menjawab pertanyaan diberikan hadiah uang Rp50 ribu oleh bupati.

Kontan saja kuis dadakan tersebut menambah semangat para siswa mengikuti kegiatan yang pertama kali digelar di kabupaten berjuluk Ranah Lansek Manih ini.

Tak hanya bupati, Kapolres Sijunjung, AKBP Dodi Pribadi juga mengadakan kuis berhadiah helm bagi siswa yang mampu menjawab pertanyaan. Sedikitnya dua helm disediakan Polres Sijunjung pada kegiatan penyuluhan hukum tersebut.

Bagi Bupati Yuswir Arifin dan Kapolres Sijunjung, AKBP Dodi Pribadi, kuis dadakan tersebut untuk mengetahui sejauhmana pengetahuan umum pelajar didaerahnya.Dari empat siswa hanya tiga siswa yang bisa menjawab pertanyaan yang dilontarkan bupati dan Kapolres Sijunjung.

Sementara Kapolres Sijunjung, AKBP Dodi Pribadi mengatakan, dalam penyuluhan hukum terpadu ini peserta didik diberikan materi, yakni soal tata tertib berlalu lintas, penyuluhan narkoba dan tentang keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sijunjung diwakili Kabid Pendidikan Menengah, Yulius Marleni menyebutkan, penyuluhan hukum terpadu ini diadakan di empat lokasi dengan melibatkan 3.098 siswa baru (siswa kelas X) se Kabupaten Sijunjung.

“Pada hari ini diikuti sebanyak 786 siswa baru, dari SMA 1, SMA 2, SMAS Oryza, SMKN 2, SMKS Elektro, SMKS Karya Mulya dan SMKS Exelent YSI,” katanya.

Kemudian, Selasa (26/7) di UDKP Kecamatan Koto VII dengan peserta sebanyak 764 siswa dari SMA Negeri 5, 7, 8, SMK Negeri 1, MAS Kumanis dan MAS Muhammadiyah.Selanjutnya, di Masjid Syuhada’ Palangki dengan jumlah peserta 838 siswa dari SMA Negeri 4, 9, 12, SMKN 5, MAN Palangki dan MAN Padang Sibusuk.

Dan kegiatan terakhir dilaksanakan di Masjid Raya Sungai Tambang dengan jumlah peserta 724 siswa dari SMA Negeri 3, 6, 10, 11, 13, SMK Negeri 4, 6 dan SMK Negeri 7.-zet@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.