Portal Kabupaten Sijunjung

Diresmikan Bupati Sijunjung, Pasar Guguak Koto VII Itu Beroperasi Setiap Ahad Malam

0

Koto VII, MC Sijunjung – Rasa haru bercampur gembira itu terlihat diwajah ratusan warga Nagari Guguak, Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat pada Jumat (31/1/2020).

Kegembiraan itu ternyata sudah sejak lama dirindukan mereka. Apalagi dengan kehadiran Bupati Sijunjung, Drs Haji Yuswir Arifin Dt Indo Marajo yang telah meresmikian pengoperasian pemakaian pasar tradisional di nagari yang dipimpin Zainal itu.

“Sejak dunia takambang, kali ini pasar berkelas ada di Nagari Guguak,”kata warga lainnya.

Selama ini, warga setempat untuk jual beli kebutuhan pokok hanya dilayani oleh pasar kaget disepanjang jalan dekat lapangan bolakali daerah setempat yang beroperasi setiap Ahad malam.

Tak ingin melihat kondisi pasar kaget terus berlanjut, lalu ninik mamak dan pemerintahan nagari berumbuk. “Atas kepedulian ninikmamak, maka diserahkan lah tanah seluas satu hektar tanah untuk membangun pasar. Berkat bantuan dan perjuang bupati, alhamdallah Nagari Guguak dapat alokasi dana untuk pembangunan pasar,”kata Walinagari Guguak Zainal dihadapan bupati dan rombongan.

Pasar Tradisional itupun dibangun dengan anggaran dana sebesar Rp1,2 miliar yang dikerjakan CV Beringin Jaya dengan Direkturnya Tri Afboy,SPd yang juga Ketua BPC Gapensi Sijunjung. Hanya sekitar 110 hari kerja, pembangunan pasar dengan kualitas bagus itu pun tuntas.

Tak heran jika kemudian Walinagari Guguak, Zainal pun memuji pembangunan pasar tersebut. “Kami sangat bangga atas pembagunan pasar ini, kualitasnya bagus,”ucap Zainal. Hal yang sama juga disampaikan bupati Yuswir Arifin. “Ini kualitasnya bagus, sama bagusnya dengan pemborongnya,”tutur Yuswir Arifin memuji Tri Afboy selalu pemborong.

“Bagi kami kualitas yang utama, in sha Alloh kami akan selalu mempertahankan mutu,”ucap Tri Afboy menjawab awak media.

Dihadapan ratusan warga itu, bupati yang didampingi Sekdakab Zefnihan, para pimpinan OPD, unsur Forkopincam Kecamatan Koto VII, mengaku bangga terhadap ekonomi warga setempat yang kian maju. Berbagai komoditi, seperti jeruk nipis, karet dan usaha lainnya mampu mensejahterakan warga setempat.

Pasar Guguak itu beroperasi setiap Ahad (Minggu) malam.”In sha Alloh, Minggu malam besok pasar Guguak ini.segera beroperasi,”tambah Walinagari Guguak Zainal usai menyaksikan peresmian pasar yang ditandai pengguntingan pita oleh Bupati Yuswir Arifin.

Kepala Koperindag dan UKM Sijunjung, Ir Yulizar,MP juga mengaku bangga atas telah selesainya pekerjaan pembangunan pasar Guguak itu.

Sebagai bentuk rasa syukur, masyarakat Nagari Guguak pun menyembelih seekor sapi. Daging sapi pun dimasak oleh warga setempat ditambah lauk pauk lainnya dan berbagai aneka kuliner ala Nagari Guguak itu dibawa pada acara prosesi peresmian Pasar Guguak. Rombongan bupati Yuswir Arifin pun dijamu makan bersama usai sholat Jumat (31/1/2020) yang diawali penyambutan dengan tari pasambahan. sap/dnd@infopublik.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.