Portal Kabupaten Sijunjung

DINKES SOSIALISASIKAN VAKSIN BARU KAMPANYE MEASLES RUBELLA (MR)

0

Agar suksesnya penyelenggaraan kampanye Measles Rubella di Sijunjung, Dinas Kesehatan Sijunjung adakan Sosialisasi Vaksin baru Kampanye Measles Rubella (MR), Rabu (23/11) di Hotel Bukik Gadang Muaro Sijunjung.

Kegiatan ini dihadiri Unsur Forkopimda, Ketua MUI Sijunjung Hidayatullah, Camat se Kabupaten Sijunjung, Perwakilan Ketua Forum Kabupaten Sijunjung Sehat, serta tamu undangan lainnya, kegiatan ini dibuka langsung Sekretaris Dinas Kesehatan Sijunjung Dr Mendro Suarman serta Narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat Ali Akbar.

Menindaklanjuti surat Gubernur Sumatera Barat Nomor 443.3./2860/Dinkes-P2P/X-2017 tanggal 27 Oktober 2017 perihal persiapan pelaksanaan kampanye Meales Rubella (MR) bulan Agustus-September 2018 dalam rangka Indonesia mencapai eliminasi penyakit campak dan pengendalian rubella pada Tahun 2020 maka dilakukan kampanye Measles Rubella (MR), yang telah dilaksanakan di seluruh Provinsi di Pulau Jawa pada bulan Agustus-September Tahun 2017 dan akan dilanjutkan pada seluruh Provinsi di luar pulau jawa pada tahun 2018.

Sekretaris Dinas Kesehatan Sijunjung Dr Mendro mengatakan tujuan pelaksanaan kampanye imunisasi MR ini adalah untuk mencapai eliminasi campak dan pengendalian rubella/CRS tahun 2020.

Ali Akbar menjelaskan tujuan khusus untuk meningkatkan kekebalan masyarakat terhadap campak dan rubella secara cepat, Memutuskan transmisi virus campak dan rubella, menurunkan angka kesakitan campak dan rubella, menurunkan angka kejadian CRS.

Sasaran pelaksanaan kegiatan kampanye imunisasi MR adalah seluruh anak usia 9 bulan sampai dengan <15 tahun yang totalnya berjumlah sekitar 66.859.112 anak di seluruh Indonesia. Imunisasi MR diberikan tanpa melihat status imunisasi maupun riwayat penyakit campak dan rubella sebelumnya.

Ia juga menambahkan Imunisasi MR diberikan kepada seluruh anak usia 9 bulan sampai dengan kurang dari 15 Tahun selama masa kampanye, selanjutnya Imunisasi MR akan masuk kedalam jadwal imunisasi rutin dan diberikan pada anak usia 9 bulan, 18 bulan dan kelas satu SD sederajat melalui program Bulan Imunisasi Anak Sekolah atau Bias.(Noven_Kominfo)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.