Portal Kabupaten Sijunjung

Dinas Parpora Gelar Berbagai Lomba

0

Muaro, MC Sijunjung – Mempromosikan objek wisata, aparatur Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Parpora) Kabupaten Sijunjung menyelenggarakan lomba fotografi Geopark Festival (Geofest), video pariwisata, tenun Unggan geofest dan lomba kreasi souvenir tingkat nasional, provinsi dan tingkat kabupaten.

Lomba fotografi geofest dan  video pariwisata tingkat nasional dan provinsi, dilaksanakan beberapa hari lalu. Sedangkan lomba tenun Unggan geofest dengan tema gaun pesta muslim wanita kreasi dan  lomba kreasi souvenir tingkat kabupaten, digelar Sabtu (14/12), pada Balairung Lansek Manih di Muaro Sijunjung yang dibuka oleh Bupati H. Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo.

Selain membuka lomba, bupati dan para pejabat menyerahkan hadiah kepada peserta lomba fotografi geofest, video pariwisata, tenun Unggan geofest dan lomba kreasi souvenir yang berhasil meraih juara.

Pembukaan lomba dan penyerahan hadiah yang berlangsung semarak karena dimeriahkan  dengan berbagai tari dan lagu yang diiringi campuran musik tradisional dengan musik modern (talempong dan orgen), dihadiri Wakil Bupati H. Arrival Boy, Sekdakab Zefnihan, kepala OPD, camat dan masyarakat yang cukup ramai. Selain itu juga hadir Wakil Presiden Geopark Global Unesco, Prof. Ibrahim Komoo bersama isteri.

Bupati Yuswir Arifin mengatakan, setelah objek wisata Silokek ditetapkan sebagai kawasan  Geopark Nasional oleh Komite Nasional Geopark Indonesia dan setelah perkampungan adat di Jorong Koto Padang Ranah dan Jorong Tanah Bato mendunia, pemerintah Kabupaten Sijunjung terus mempromosikan objek wisata yang ada.

Maksud  mempromosikan objek wisata yang dimiliki, supaya Kabupaten Sijunjung menjadi tujuan utama bagi masyarakat internasional dan nasional dalam menikmati keindahan alam, terutama objek wisata Nagari Silokek nan indah mempesona.

Karena dengan semakin ramainya pengunjung, tidak hanya makin maju dan berkembangnya objek wisata, tapi bisa  meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, terutama masyarakat yang mau  memanfaatkan peluang dan kesempatan yang ada, kata bupati.

Disamping menyelenggarakan lomba fotografi geofest, video pariwisata, tenun Unggan geofest dan lomba kreasi souvenir, cara promosi lain yang dilakukan pemerintah Kabupaten Sijunjung melalui Dinas Parpora, adalah kejuaraan arung jeram Silokek Geofest Rafting World Cup (SGRWC) 2019 bertaraf internasional yang digelar  pada Batang Kuantan yang melintas di objek wisata Nagari Silokek. Kejuaraan arung jeram itu tidak hanya diikuti atlit nasional, tapi juga atlit internasional. Antara lain dari Republik Ceko dan Malaysia, jelas Bupati Yuswir Arifin.

Kepala Dinas Parpora Kabupaten Sijunjung, Afineldi, SH selaku ketua pelaksana mengatakan, untuk suksesnya lomba yang diselenggarakan, disamping pila, panitia pelaksanakan juga menyediakan hadiah uang Rp75 juta.

Rinciannya, utuk juara lomba fotografi Geofest Rp30 juta, juara lomba video pariwisata Rp30 juta, juara tenun Unggan geofest Rp9 juta dan utuk juara lomba kreasi souvenir Rp6 juta. –nas@infopublik.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.