Portal Kabupaten Sijunjung

DINAS KESEHATAN ADAKAN SOSIALISASI GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT (GERMAS)

0

Untuk menurunkan penderita Penyakit Tidak Menular (PTM), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), menggelar sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Balairung Lansek Manih Muaro Sijunjung. “Gerakan masyarakat hidup sehat” adalah gerakan bersama yang memiliki beberapa tujuan mulai menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, baik kesakitan, kematian maupun kecacatan; menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas, menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan. Perbaikan lingkungan dan perubahan perilaku kearah yang lebih sehat perlu dilakukan secara sistematis dan terencana oleh semua komponen bangsa, untuk itu GERAKAN MASYARAKAT (GERMAS) menjadi sebuah pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik. Rabu (31/5)

Kegiatan sosialisasi Germas, dibuka langsung oleh Wabup H.Arrival Boy , dan dihadiri narasumber yakni Anggota DPR RI Betti Saddiq Pasadigoe, Anggota DPRD Kab.Sijunjung, Unsur Forkopimda Kab.Sijunjung, Kepala OPD kab.Sijunjung dan hadirin peserta sosialisasi gerakan masyarakat hidup sehat.

Dalam sambutannya Wabup menyampaikan mengingat pencegahan penyakit sangat tergantung pada prilaku individu yang diukir dari kualitas lingkungan ketersediaan sarana dan prasarana melakukan regulasi hidup sehat maka diperlukan keterlibatan aktif seluruh komponen baik pemerintah pusat dan daerah serta sektor pemerintah masyarakat. “Gerakan masyarakat hidup sehat atau Germas merupakan gerakan yang sistimatis dan terus menerus diprioritaskan pada tiga fokus kegiatan yaitu Meningkatkan aktifitas fisik, konsumsi sayur dan buah, melakukan langkah-langkah deteksi Dini penyakit. (Dicko/Fernandes-Kominfo-@Sijunjung.go.id)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.