Portal Kabupaten Sijunjung

Dinas Kependudukan Terapkan Pelayanan Online

0

Muaro, MC Sijunjung – Guna mendukung pelaksanaan Penetapan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) yang tujuannya untuk mencegah dan mengantisipasi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19), aparatur Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sijunjung terapkan pelayanan online berbasis web terhadap masyarakat yang mengurus dokumen kependudukan.

“Melayani masyarakat yang mengurus dokumen kependudukan melalui online berbasis web (pesona dukcapil), mulai kami lakukan Rabu (22/4) sampai waktu yang belum ditentukan,” kata kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sijunjung, Febrizal Ansori, SH, M. Si, di ruang kerjanya, Rabu (22/4) itu.

Tujuan menerapkan pelayanan online berbasis web terhadap masyarakat yang mengurus dokumen kependudukan, adalah untuk mendukung pelaksanaan PSBB yang tujuannya untuk mencegah dan mengantisipasi Covid-19, jelas Febrizal Ansori.

Sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP), pelayanan secara online berbasis web yang dilakukan terhadap masyarakat, adalah dalam mengurus dokumen kependudukan kartu keluarga, akte kelahiran, surat pindah, kartu tanda penduduk dan lain-lain.

Disamping secara online berbasis web, masyarakat yang mengurus dokumen kependudukan juga bisa dilayani melalui HP Android dengan cara, masyarakat yang mengurus dokumen kependudukan memfoto dan mengirimkan persyaratan yang diperlukan ke WhatsApp (WA) petugas yang telah ditentukan. Yaitu Riko hidayat, dengan nomor  WA  081266621028,  Y.E. Candrawita, WA 081363408053 dan  Yelita dengan nomor  WA  081363466928.

Selain itu, untuk menghindari tatap muka masyarakat dengan petugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dalam mengurus dokumen kependudukan masyarakat  juga bisa difasilitasi oleh pemerintahan nagari dengan cara bahan yang diperlukan  dihimpun dan diteruskan kepada petugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil oleh perangkat nagari.

“Sesuai situasi dan kondisi yang sedang terjadi, yaitu pandemi Covid-19, kita berharap masyarakat yang mengurus dokumen kependudukan memanfaatkan pelayanan yang disediakan aparatur Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan sebaik-baiknya.

Semoga dengan adanya kebersamaan dan saling mendukung dalam mencegah, mengantisipasi, melawan dan menangani Covid-19, Kabupaten Sijunjung terhindar dari virus itu,” harap Febrizal Ansori. –nas@infopublik.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.