Portal Kabupaten Sijunjung

DESA KAMPUNG BARU DINILAI TIM KABUPATEN

0

Luar biasa. Itulah ucapan yang pantas dialamatkan kepada masyarakat Desa Kampung Baru, Kecamatan Kupitan saat menyambut kedatangan tim penilai nagari berprestasi Kabupaten Sijunjung, Senin (22/5).

Betapa tidak. Tim yang diketuai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Kabupaten Sijunjung H. Syukri, tidak hanya diterima oleh Muspika Kupitan dan Kepala Desa Kampung Baru, Arlius serta disambut dengan tari pasambahan dan siriah di carano oleh murid SDN 2 setempat, tapi juga ditunggu sekitar seribu masyarakat dari berbagai unsur.

Saking ramainya masyarakat yang menunggu, los pasar dan tenda besar yang dipasang di jalan raya tidak mampu menampungnya, sehingga sebagian besar terpaksa duduak manjilepok di aspal dan di halaman Kantor Kepala Desa.

Sambutan yang juga sangat mengesankan, adalah keelokan Desa Kampung Baru. Disamping bersih dan tertata rapi, beberapa ruas jalan yang dilewati tim juga sudah  dipagar dan dihiasi marawa berwarna warni.

Begitu juga sejumlah taman bunga dan apotek hidup yang dibuat dan pelihara anggota PKK, juga terlihat bersih dan indah dengan pagar bercat warna warni yang rapi dan kokoh.

Hal yang juga sangat mengesankan, adalah tampilnya PKK Kampung Baru menyanyikan lagu Indonesia Raya, mars Sijunjung, mars PKK dan mars Desa Kampung Baru dalam pembukaan penilaian. Selain itu, acara pembukaan juga diselingi dengan tari oleh murid SDN 8 dan qasidah rabana oleh majelis taklim setempat.

“Pemilihan nagari dan desa berprestasi ada setiap tahun. Tapi baru tahun 2017 ini Desa Kampung Baru diizinkan Allah SWT mewakili Kecamatan Kupitan dalam mengikuti pemilihan nagari dan desa berprestasi di tingkat Kabupaten Sijunjung,” kata Camat Kupitan, Gafrialdi.

Karena sudah diizinkan Allah SWT mewakili Kecamatan Kupitan, masyarakat Desa Kampung Baru tidak saja bersyukur dan berbangga diri, tapi juga baralek gadang, sehingga masyarakat dari berbagai unsur tumpahruah menyambut kedatangan tim penilai, ulas camat.

Senada dengan camat, ketua  tim penilai, Syukri juga mengatakan bahwa penyambutan tim oleh masyarakat Desa Kampung Baru memang luar biasa.

“Luar biasa. Itulah kesan pertama yang kami peroleh begitu sampai di Desa Kampung Baru. Kami sangat tersanjung dengan penyambutan yang luar biasa ini. Kampung Baru sudah unggulan kecematan kelima yang kami nilai, tapi di sinilah penyambutan yang sangat mengesankan. Ini satu bukti bahwa masyarakat Kampung Baru memang bersatu padu dalam membangun desa,” kata Syukri.

Di sisi lain Syukri mengatakan, sesuai peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 tahun 2015, tentang evaluasi perkembangan desa (nagari) dan kelurahan, indikator yang dinilai dalam penilaian nagari dan desa, meliputi penyelenggaraan pemerintahan desa dan kelurahan, penataan kewilayahan dan kemasyarakatan

Sesuai peraturan Menteri Dalam Negeri itu, dalam penilaian ada tiga kategori sebagai acuan, yaitu cepat berkembang, berkembang dan kurang berkembang. Yang cepat berkembang dan berkembang bisa mengikuti pemilihan nagari berprestasi.

“Masuk kategori mana Desa Kampung Baru ini, cepat berkembang atau berkembang, akan diketahui setelah tim mewawancarai unsur terkait,” jelas Syukri. nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.