Portal Kabupaten Sijunjung

DARI PENAS TANI DI BANDA ACEH DINAS PANGAN DAN PERIKANAN AKAN TERAPKAN PEMBENIHAN SISTEM CORONG

0

Kegiatan gelar teknologi yang ditampilkan pada acara Pekan Nasional (Penas) Tani ke-15, di Banda Aceh, sangat dirasakan manfaatnya oleh peserta, tim pendamping dan peninjau dari OPD terkait di Pemkab Sijunjung..

Bahkan, peserta, tim pendamping dan pemantau dari kabupaten berjuluk Ranah Lansek Manih ini bakal menerapkan beberapa teknologi yang digelar pada acara Penas Tani tersebut.

Satu diantaranya adalah gelar teknologi pembenihan ikan nila sistem corong.”Pembenihan ikan nila sitem corong ini akan kita terap di Balai Benih Ikan (BBI),” kata Kepala Bidang Produksi Perikanan, Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Sijunjung, Sutarto kepada sijunjung.go.id via whassapp, Selasa (9/5).

Menurut Sutarto, pembenihan ikan dengan cara sistem corong yang digelar pada acara Penas Tani di Banda Aceh, memberikan banyak keuntungan.Selain daya  tetasnya melebihi sistem pemijahan, keuntungan lainnya, yakni benih yang dihasilkan bisa terkontrol, dan bibit yang dihasilkan besarnya seragam.

“ Sistem pembenihan corong ini daya tetasnya mencapai 90 persen,” jelas Kepala Bidang Produksi Perikanan Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Sijunjung.

Sutarto sendiri menyebutkan bakal mencoba pembenihan ikan nila dengan sistem corong tersebut di Balai Benih Ikan (BBI), baik BBI Sumpur Kudus, Latang dan BBI Aia Amo.” Kita akan coba pembenihan dengan sistem corong ini setelah selesai kegiatan Penas Tani tersebut,” ucapnya.-zet@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.