Portal Kabupaten Sijunjung

DANREM TINJAU PENCETAKAN SAWAH

0

Danrem 032/WBR Brigjen TNI Bakti Agus Fadjari meninjau pencetakan sawah baru, di Nagari Paru, Kecamatan Sijunjung dan Nagari Aie Amo, Kecamatan Kamang Baru, Kamis (25/8).

Dalam peninjauan itu Dandrem didampingi Wakil Bupati Sijunjung H. Arrival Boy, Dandim 0310/SSD Letkol Inf. Zusnan Hadi, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Perkebunan (Distambun), Nizam Ul Muluk serta Kabag Humas dan Protokoler H. Ruswan.

Di lokasi pencetakan sawah baru hadir  Danramil Sijunjung Kapten Inf. Ilham, Walinagari Paru, Iskandar dan sejumlah masyarakat petani, Camat serta Danramil Kamang Baru, Endi Nazir dan Kapten Czi. Naspi, Walinagarai Aie Amo, Idrus Hakimi, kontraktor yang mengerjakan pencetakan sawah baru dan pengurus kelompok tani.

Menurut Kepala Distambun  Nizam Ul Muluk, memanfaatkan dana dari pemerintah pusat Rp1,6 miliar, pada tahun 2016 ini di Kabupaten Sijunjung dilaksanakan pencetakan sawah baru seluas 100 hektar.

Dari jumlah itu, 43, 82 hektar dicetak di Nagari Paru, 28, 55 hektar di Nagari Aie Amo, 20, 36 hekter di Nagari Muaro Takuang, Kecamatan Kamang Baru dan 7,27 hektar dicetak di Nagari Guguak, Kecamatan Koto VII.

“Sesuai terget, pencetakan 100 hektar sawah baru di Kabupaten Sijunjung, harus selesai pada akhir Agustus ini,” jelas Nizam Ul Muluk.

Supaya pencetakan sawah baru selesai sesuai yang ditargetkan, Dandrem Bakti Agus Fadjari meminta kepada semua yang terlibat bekerja lebih giat serta saling berkoordinasi satu sama lain.

Sementara kepada Walinagari Paru Iskandar dan Walinagari Aie Amo Idrus Hakimi, Dandrem berharap selalu memonitor kegiatan pencetakan sawah yang tengah berlangsung. Jika ada kendala, laporkan kepada Danramil atau Dandim.

Sedangkan terhadap kontraktor yang mengerjakan pencetakan sawah baru, Dandrem berpesan agar berupaya menyelesaikan pencetakan sesuai jangka waktu yang telah ditentukan. Bila alat berat yang dipergunakan kurang memadai, tambah jumlahnya.

Dalam peninjauan itu, Dandrem juga mengingatkan semua yang terlibat supaya air yang akan mengairi sawah yang baru dicetak benar-benar ada dan mencukupi. Jika air tidak ada, percuma sawah dicetak.

Kepada kelompok tani yang akan menggarap sawah yang baru dicetak, diharapkan mengelola dengan baik, serius dan sungguh-sungguh, supaya meningkatkan ekonomi rakyat yang menjadi tujuan pencetakan sawah tercapai sesuai harapan.

“Pencetakan sawah baru adalah program nasional yang tidak hanya mempertaruhkan harga diri Kabupaten Sijunjung serta Dandim 0310/SSD, tapi juga Dandrem. Karena itu kita semua harus bertanggungjawab menyelesaikan dan mensukseskannya hingga mencapai hasil serta tujuan, meningkatkan ekonomi rakyat. Jangan hendaknya pencetakan sawah baru ini menimbulkan masalah bagi kita semua,” harap Dandrem Bakti Agus Fadjari. –nas.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.