Portal Kabupaten Sijunjung

DANA DESA TAHAP II MULAI DICAIRKAN

0

Dana desa/nagari tahap II di Kabupaten Sijunjung mulai digelantor ke rekening kas nagari.Sedikitnya, 52 desa/nagari dari 60 nagari plus satu desa di kabupaten berjuluk Ranah Lansek Manih sudah memenuhi syarat pencairan alokasi dana desa (ADD) tahap II tersebut.

“Saat ini sudah 52 nagari yang memenuhi persyaratan pencairan dana desa tahap II,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Nagari (BPMPN) Kabupaten Sijunjung, Syahrial melalui Kepala Bidang Pemerintahan Nagari, Harry Oscar Hidayat, Selasa (1/11).

Dari 52 nagari memenuhi persyaratan, sambung Harry, sebanyak 35 nagari sudah menerima dana desa atau telah ditransfer ke rekening kas nagari.Sementara sisanya 17 nagari lainnya dalam tahap proses pencairan.

“Insya Allah, dalam dua atau tiga hari kedepan, dana desa tahap II sudah masuk ke rekening kas nagari tersebut,” jelas mantan Sekretaris Kecamatan Tanjung Gadang.

Bagi nagari yang sudah menerima dana desa tahap II, Harry mengingatkan  aparatur nagari segera memanfaatkan untuk  menuntaskan semua kegiatan yang telah direncanakan.

Sementara sembilan nagari lainnya, menurut Kabid Pemerintahan Nagari, belum memenuhi persyaratan pencairan dana desa tahap II.Diantaranya, nagari tersebut belum menyerahkan laporan realisasi dan konsolidasi penggunaan dana desa tahap I.

Selain belum menyerahkan laporan realisasi dan konsolidasi penggunaan dana desa tahap I, kesembilan nagari tersebut juga belum menyerahkan rencana penggunaan dana desa tahap II.

“Laporan realisasi penggunaan dana desa tahap I merupakan syarat mutlak untuk pencairan dana desa tahap II,” jelasnya.

Harry berharap sembilan nagari itu segera menyampaikan laporan realisasi penggunaan dana desa tahap I dan rencana penggunaan dana desa tahap II.” Kita berharap, nagari-nagari tersebut segera menyampaikan syarat-syarat pencairan dana desa tahap II,” ucapnya.

Sekedar diketahui, tahun 2016 ini Kabupaten Sijunjung mendapat alokasi dana desa sebesar Rp40,6 miliar lebih. Sebesar 60 persen dari total dana yang diterima atau sebesarRp24,6 miliar lebih telah dikucurkan ke 60 nagari plus satu desa untuk dana desa tahap I.Sementara sisanya, 40 persen atau sebesar Rp16,2 miliar lebih untuk dana desa tahap II.-zet.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.