Portal Kabupaten Sijunjung

CIPTAKAN WIRAUSAHA BARU, PEMKAB JAJAKI KERJASAMA DENGAN SENTRA BATIK

0

Pemerintah Kabupaten Sijunjung melalui Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) setempat terus melakukan berbagai upaya untuk menciptakan wirausahawan  baru.

Hal itu akan diwujudkan melalui program pelatihan membatik.” Kita baru saja menjajaki kerjasama pelatihan membatik dengan sentra kerajinan batik Puspa Kencana di Laweyan Solo,” kata Kepala Dinas Koperindag, Febrizal Ansori melalui Kepala Bidang Industri Hendri Nurka, kemarin.

Menurutnya, menciptakan wirausahawan baru merupakan komitmen Pemkab Sijunjung,  selain membuka lapangan kerja baru, kegiatan itu juga untuk mengatasi masalah pengangguran.

Selain itu, penciptaan wirausahawan baru bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan diharapkan mampu menjadi motor penggerak  ekonomi di kabupaten berjuluk Ranah Lansek Manih.

“Ini merupakan komitmen Dinas Koperindag Sijunjung, untuk membuka kesempatan kepada masyarakat berusaha di sektor industri kecil menengah (IKM),” jelas mantan Kasubag Protokoler Setdakab Sijunjung.

Karena itu, Dinas Koperindag bersama Dekranasda setempat  telah menjajaki kerjasama pencitaan wirausahawan baru dengan sentra kerajinan batik Puspa Kencana di Laweyan Solo Jawa Tengah.

Dan sentra kerajinan batik Puspa Kencana sendiri, sambung dia, menyambut baik rencana kerjasama pelatihan membatik tersebut.” Sentra kerajinan batik Puspa Kencana menyanggupi dan siap meluangkan waktu untuk kegiatan tersebut,” ucapnya.

Menyinggung rencana pelatihan, menurut Hendri Nurka, program pelatihan membatik tersebut direncanakan tahun 2017 mendatang. Pihaknya, bakal mengalokasikan dana untuk pelatihan, termasuk melengkapi peralatan dan bahan material untuk membatik.

Para peserta program pelatihan membatik, sebutnya, direncanakan masyarakat Kamang Baru yang merupakan warga transmigrasi asal Pulau Jawa.”Kami memilih wilayah Kamang Baru karena masyarakat disana merupakan warga asal Pulau Jawan dan sumber daya manusia dinilai siap,” tuturnya.zet.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.